Tips & Trik

Begini Posisi Dan Sikap Tubuh Yang Nyaman Untuk Berkendara

PUBLISHED DATE : 21 Juni 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21_Juni.jpg

Pengendara motor yang baik pasti sudah tahu bahwa berkendara yang benar tidak cukup hanya mematuhi rambu lalu lintas. Tetapi juga harus dilengkapi dengan teknik berkendara yang benar. Sikap tubuh yang benar ketika berkendara sangat penting untuk mendapatkan informasi yang tepat mengenali situasi di jalan.

Sikap tubuh berkendara yang benar, juga akan memudahkan pengendara motor melakukan keseimbangan dan merespon situasi yang tiba-tiba berubah dan juga agar tidak  mudah lelah. Ingat rasa lelah berlebih saat berkendara bisa mengganggu fokus berkendara.

Jika fokus berkendara sudah terganggu, sikap tubuh dalam merespon situasi pun menjadi akan menjadi kurang responsif. Hal ini membuat terjadinya kecelakaan lalu lintas menjadi lebih besar. Lalu, bagaimana posisi berkendara yang benar?

  1. Pandangan melihat jauh ke depan

Baca Juga : Apa Itu Platina Mobil? Ketahui Ini Fungsi & Cara Kerjanya

Ini penting untuk mendapatkan keadaan di sekitar arah yang hendak dituju. Pandangan pengendara motor harus fokus terhadap objek yang ia lihat. Jadi, sangat penting berkonsentrasi terhadap arah tujuan.

  1. Posisi pegang grip setang santai dan sudut pergelangan tidak kaku

Posisi pegang grip setang dengan santai dan sudut pergelangan tidak kaku. Agak menyiku untuk memberikan keluwesan ketika harus melakukan manuver. Ini penting diperhatikan karena posisi yang salah bisa membuat tangan pengendara keseleo sewaktu menarik rem secara tiba-tiba maupun ketika bermanuver. Ingat, rasa nyeri, baik itu hanya sesaat atau berkelanjutan, pada pergelangan tangan, bisa mengganggu keseimbangan ketika mengedarai kendaraan.

  1. Posisi telapak kaki lurus pada injakan (footstep)

Pastikan jari kaki tetap menghadap ke depan dan posisi telapak kaki agak horisontal. Posisi siaga akan memudahkan ketika pengendara saat harus melakukan rem mendadak.

  1. Posisi lulut yang benar

Baca Juga : Fungsi dan Manfaat Car Seat Bayi yang Tidak Boleh Dianggap Remeh

Tempelkan kedua lutut pada tangki untuk motor sport dan untuk motor non sport posisi lutut menghadap ke depan. Pada motor sport menjepit tangki juga bisa membantu menjaga keseimbangan.

  1. Duduk pada posisi yang tepat

Duduk pada posisi yang tepat ini juga penting supaya mudah menggerakan lengan dan kaki. Duduk jangan terlalu di depan, atau belakang, karena justru bisa mengganggu keseimbangan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca Juga : Jangan Tertukar, Ini Perbedaan Surat Tilang Biru dan Merah

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya