Tips & Trik

Pentingnya Pergantian Filter Udara Kabin untuk Kesehatan

PUBLISHED DATE : 17 Desember 2023

Filter Udara1

Berfungsi menyaring dan menjaga kebersihan oli. Sedangkan oli berfungsi untuk mendinginkan mesin dan melumasi bagian-bagian penting pada kendaraan.

  • Filter Bensin

Berfungsi menyaring kontaminan berbahaya agar tidak masuk ke dalam sistem injeksi bahan bakar atau BBM.

  • Filter Mesin

Fungsinya sama seperti filter kabin, yaitu untuk menyaring udara. Bedanya, yang disaring adalah udara yang akan masuk ke dalam bagian mesin.

Pentingnya Mengganti Filter Udara Kabin bagi Kesehatan

Udara bersih memiliki dampak langsung pada kesehatan manusia. Salah satu cara terpenting untuk memastikan kualitas udara yang baik di dalam mobil adalah dengan mengganti filter kabin. Ini dia beberapa manfaat pentingnya melakukan penggantian filter kabin secara rutin:

  • Mencegah Polusi dan Gas Beracun

Filter ini berfungsi sebagai barier pertama untuk melindungi Anda dan penumpang dari polusi udara dan gas beracun. Tanpa filter yang bersih dan berfungsi optimal, partikel halus seperti debu, asap, dan zat beracun dari lingkungan jadi mudah masuk.

Baca Juga : Perhatikan Hal Berikut Jika ingin Custom Jok Mobil

Jika polusi dan gas tersebut berhasil masuk ke mobil, maka tentu akan terhirup oleh pengendara dan penumpang. Paparan terus-menerus dapat menyebabkan masalah pernapasan, alergi, bahkan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

  • Membersihkan dari Debris dan Serangga

Selanjutnya, filter udara kabin tidak hanya menyaring partikel-partikel halus, tetapi juga berfungsi sebagai pelindung terhadap debris, daun, ranting, dan serangga yang mungkin masuk ke dalam kabin.

Terutama jika Anda sering memarkir kendaraan di area dengan banyak pepohonan, filter ini menjadi pertahanan utama terhadap benda-benda asing dari luar yang dapat mengganggu sistem udara dan kenyamanan selama berkendara.

  • Mencegah Bakteri dan Jamur

Filter yang  kotor dan sudah lama tidak diganti dapat menjadi tempat berkembang biak bagi bakteri dan jamur. Sebab, kelembaban yang terperangkap di dalam filter akan menciptakan lingkungan yang ideal bagi mikroorganisme.

Bakteri dan jamur yang berkembang dalam filter dapat menyebabkan bau tidak sedap di dalam mobil. Yang lebih serius lagi, kedua mikroorganisme tersebut dapat mempengaruhi kesehatan pengendara dan penumpang.

  • Mengoptimalkan Kinerja HVAC

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya