Tips & Trik

Mau Cuci Mobil di Rumah? Jangan Gunakan Sabun Cuci Piring, Ya!

PUBLISHED DATE : 12 Februari 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Mau-Cuci-Mobil-di-Rumah-Jangan-Gunakan-Sabun-Cuci-Piring-Ya.png

Mencuci mobil sendiri di rumah memang bisa solusi menghemat pengeluaran. Tapi sayangnya, dengan alasan berhemat ada beberapa pemilik kendaraan yang menggunakan sabun cuci piring saat mencuci kendaraan kesayangannya.

Bolehkah sabun cuci piring digunakan untuk mencuci mobil? 

Jawabannya adalah sangat tidak sarankan mencuci mobil dengan menggunakan sabun cuci piring karena bisa menyebabkan rusak cat body mobil. Anda harus tahu bahwa sabun cuci piring itu keras dan sangat bisa  merusak cat bodi mobil.

Baca Juga : Mobil Bergetar Saat RPM Rendah? Ternyata Ini Penyebabnya

Harus diakui, saat pertama kali cuci mobil memakai sabun cuci piring hasilnya bisa terlihat bersih, namun jika sudah memakai wax, akan langsung luntur semua wax yang ada di body mobil. Jika hal ini dilakukan berulang kali, akan berisiko mengikis cat dan akhirnya berisiko munculnya karat pada body mobil.

Sabun cuci piring juga tidak disarankan karena memang tidak sesuai atau bukan peruntukannya. Penggunaan sabun cuci piring juga berisiko menyebabkan lapisan pernis kusam dan cat body mobil menjadi belang.

Tetap pakai shampo mobil!

Baca Juga : Aki Mobil Soak, Baiknya Di Cas Apa Diganti?

Ketimbang ingin berhemat tapi malah cat mobil rusak, sebaiknya tetap memakai shampo yang khusus untuk mencuci mobil. Satu hal penting yang perlu diperhatikan ketika memilih shampo mobil adalah kadar pH dan silikonnya.

Shampoo yang bagus untuk mobil itu yang kadar pH nya di atas 7 dan memiliki kandungan silikon minimal 60 persen. Jika di bawah itu biasanya kualitasnya kurang bagus. Kadar silikon yang kurang bisa kita lihat saat menyabuni body. Sebelum disiram sabun shampo sudah mengering. Hal ini berbahaya saat ketika dibasuh karena bahannya keras dan berisiko merusak bodi.

Itulah penjelasan singkat kenapa sabun cuci piring tidak disarankan untuk digunakan saat mencuci mobil sendiri. Semoga informasinya bermanfaat dan ingat, jika ada masalah pada kendaraan Suzuki kesayangan Anda, segera bawa ke bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Mengenal Perbedaan Sistem Penggerak FWD dan RWD Pada Mobil

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya