Tips & Trik

Tips Lap Microfiber Tetap Awet Untuk Digunakan Membersihkan Mobil

PUBLISHED DATE : 27 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips-Lap-Microfiber-Tetap-Awet-Untuk-Digunakan-Membersihkan-Mobil.jpg

Saat ini lap microfiber semakin penting dimiliki oleh pemilik mobil dan sudah menjadi bagian dari perawatan mobil. Lap microfiber yang berbahan serat sintetis, ini diketahui punya banyak fungsi. Mulai dari bisa membantu mengeringkan mobil yang basah, membersihkan debu, atau sering juga digunakan untuk mengaplikasikan wax pada  mobil.

Agar bisa selalu awet digunakan, lap serbaguna ini juga harus dirawat. Bagaiaman cara merawatnya? Tidak sulit kok, berikut adalah caranya.

  1. Cuci dahulu sebelum dipakai

Ketika baru membeli lap tersebut, segeralah dicuci sebelum lap tersebut akan digunakan. Mirip dengan baju yang sebaiknya dicuci dulu pakai air supaya bahan kainnya bisa beradaptasi. Tapi ingat jangan mencucinya dengan mesin cuci. 

Baca Juga : Ini Perbedaan Busi Iridium Mobil dan Busi Biasa

Cukup cuci tangan tanpa deterjen dan pelembut karena bisa merusak struktur microfibernya. Usahakan untuk menggunakan air yang hangat untuk mencuci dan merendam lap microfiber. Setelah direndam, peras ringan saja jangan terlalu keras seperti kain lap biasa. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Ingat juga, jangan dicampur juga dengan bahan lain seperti kaos atau celana. Kenapa? Karena daya serap microfiber berbeda dan partikel dari bahan-bahan lain yang justru berisiko menempel.

  1. Pisahkan fungsi tiap lap microfiber

Memisahkan fungsi tiap lap microfiber juga penting dilakukan. Contohnya yang dipakai untuk waxing, pakai untuk waxing saja. Yang untuk mengeringkan mobil, dipakai untuk mengeringkan saja. Jangan dicampur-campur pemakaiannya.

  1. Cuci segera setelah dipakai

Baca Juga : Cara Mendeteksi Mobil Diesel yang 'Masuk Angin'

Setelah dipakai, lap microfiber juga sebaiknya langsung dicuci agar kondisinya tetap baik dan saat ingin dipakai bisa langsung digunakan. Bagaimana cara mencucinya? Sama dengan poin pertama. Cukup cuci tangan dengan air hangat, tanpa deterjen dan pelembut. Lalu dijemurnya cukup diangin-anginkan saja dan jangan di bawah sinar matahari langsung.

Itulah beberapa tips lap microfiber tetap awet untuk digunakan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk selalu rutin melakukan servis pada kendaraan Suzuki Anda agar selalu dalam keadaan prima. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya