Tips & Trik

Lampu motor LED Vs Lampu Halogen, Lebih Terang Mana?

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2020

Lampu Halogen

Lampu LED belum banyak dijual di pasaran karena produksinya yang rumit dan variasinya yang banyak. Mungkin Anda harus membeli di toko khusus lampu LED baik online maupun offline.

  • Jika Rusak Harus Diganti Satu Set

    Jika lampu LED Anda rusak, maka Anda harus mengganti semuanya. Anda harus mengganti satu set dengan batok lampunya.

    Mengganti lampu LED aftermarket juga harus dipertimbangkan tingkat cahayanya. Kadang cahaya yang terlalu putih dari lampu LED akan membuat pengendara sulit melihat jelas saat hujan deras.
  • Silau Bagi Pengguna Jalan

    Sinar lampu motor yang putih dari LED kadang terlalu menyilaukan bagi pengendara jalan lain,  sehingga kadang mengganggu ketertiban jalan. Pengendara yang silau mungkin saja akan melambat sehingga yang lain juga terganggu
  • Tidak Dapat Menembus Kabut

    Sinarnya yang putih juga membuat cat lampu ini tidak mampu menembus kabut seperti lampu halogen.

  • Pemasangan Lebih Rumit

    Bohlam lampu LED memerlukan driver atau adaptor DC. Karena itu itu lampu LED lebih rumit pemasangannya daripada lampu halogen.
  • Sekilas Tentang Lampu Motor Halogen

    Lampu halogen merupakan lampu pijar biasa yang terdapat pada kendaraan-kendaraan bermotor di era 90-an. Lampu ini berisi filamen tungsten yang dibungkus oleh semacam kaca dan diberi gas nitrogen, argon atau crypton.

    Baca Juga : Fungsi Planetary Gear: Komponen & Cara Kerjanya

    Listrik yang masuk ke dalam bohlam ini akan membuat filamen wolfram menjadi panas sehingga menimbulkan cahaya atau sinar. Sinar tersebut kemudian lebih diperkuat lagi oleh gas yang terdapat di dalam bola lampu tersebut.

    Kelebihan Lampu Halogen Untuk Motor

    Tentu saja lampu ini tetap memiliki kelebihan tersendiri dibandingkan lampu LED. Berikut daftar kelebihan lampu motor halogen tersebut.

    • Intensitas cahaya yang dihasilkan lampu halogen cukup kuat. Untuk itu selain digunakan oleh kendaraan bermotor biasa, lampu halogen menjadi pilihan utama untuk penerangan mobil adventure.
    • Harganya lebih terjangkau dari lampu LED karena tersedia banyak di pasaran.
    • Sorot lampu lebih kuat dibandingkan LED karena diperkuat oleh gas-gas tersebut, namun tetap tidak menyilaukan karena lampu halogen berwarna kuning.
    • Penggantian lampu halogen lebih mudah karena jika bohlam lampu halogen ini putus cukup diganti bohlamnya saja. Tak perlu satu set seperti lampu LED. Namun penggantian bohlam lampu halogen yang rusak harus tetap sesuai standar.
    • Karena sorotnya yang panjang dan kuat, sinar lampu ini mampu menembus kabut dan membantu Anda berkendara.

    Kelemahan Lampu Halogen

    Berita Lainnya