Tips & Trik

Lampu motor LED Vs Lampu Halogen, Lebih Terang Mana?

PUBLISHED DATE : 22 Juli 2020

Lampu Halogen

Selain itu, kelebihan LED tidak menghasilkan panas sehingga tidak merusak lampu dan lebih hemat energi. Teknologi lampu LED sebenarnya tidak hanya pada kendaraan bermotor saja, masyarakat sudah banyak menggunakannya untuk senter dan lampu ruangan di rumah.

Sumber cahaya biasanya berbentuk elemen kotak pada lampu senter karena sangat hemat dan tidak panas maka lampu untuk motor jenis ini tidak mudah putus.

Lampu LED juga digunakan untuk penerangan pada alat elektronik lain. Katakanlah seperti panel kontrol pada mobil, komputer, system audio, atau kabin bagian dalam mobil

lampu_motor_led

Kelebihan Lampu LED

Baca Juga : Pentingnya Manual Book: Panduan Merawat dan Mengoperasikan Mobil

Selain awet, apa lagi sebenarnya kelebihan lampu motor LED sehingga banyak digunakan masyarakat untuk kendaraan bermotornya? Ini daftar kelebihan tersebut.

  • Cahaya lampu putih membuat kesan bawah lampu LED lebih terang.
  • Suhunya yang cenderung tidak panas membuat rumah lampu menjadi tahan lama
  • Lampu tidak gampang mati atau putus karena lampu LED tidak menghasilkan panas.
  • Banyak variasi yang dihasilkan dari lampu LED dari bentuk maupun sorotnya.
  • Jenis lampu ini menghemat aki kendaraan bermotor karena lampu ini hemat energi. Sudah terbukti bahwa lampu LED 6 sampai 7 kali lebih efisien daripada lampu halogen. Bahkan, lampu ini mampu memangkas konsumsi daya hingga sampai 80%.
  • Cahayanya yang putih dan tidak mengandung proses pembakaran. Hal ini membuat lampu LED tidak menghasilkan suhu dengan panas berlebih pada lampu utama motor Anda.

Kelemahan Lampu LED

Memang, jenis lampu ini memiliki banyak kelebihan jika digunakan pada motor Anda. Namun, ada juga beberapa kelemahan lampu LED yang perlu Anda antisipasi sebagaimana daftar di bawah ini.

  1. Harga Lebih Mahal

    Harganya lumayan mahal daripada lampu pijar biasa, karena teknologi yang digunakan menggunakan dioda dan juga chip elektronik yang tidak murah.

  2. Belum Banyak Dijual di Pasaran
    Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya