Tips & Trik

Kenali Lebih Dekat Palung Laut yang Terdalam di Dunia

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/61320854_s.jpg

Palung laut adalah salah satu objek alam yang berada di dasar laut yang berupa cekungan. Palung ini banyak sekali ditemukan di dalam laut bumi. Tentu saja dengan kedalaman yang berbeda-beda. Jika ingin mengenalnya lebih jauh, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Palung Laut

Palung adalah cekungan di dasar laut yang ukurannya sebenarnya sempit, namun sangat dalam. Bentuk dari palung ini adalah menjorok ke dalam seperti jurang.

Selain itu, karena sering disebut dengan jurang, tentu kedalamannya pun cukup fantastis. Sejauh ini pun ada banyak palung laut terdalam yang sudah tercatat.

Mengenal Ciri-Ciri Palung Laut

Baca Juga : Bukan Hanya Hiasan, Inilah Fungsi Spoiler Helm

Di dasar laut, ada banyak lokasi yang membentuk cekungan. Namun, masing-masing objek khusus tentu memiliki ciri-ciri tertentu. Hal ini juga berlaku untuk palung tersebut. Palung yang terdapat di dalam laut dengan kedalaman curam ini memiliki ciri-ciri sebagai berikut.

  • Memiliki kedalaman yang sangat curam dan berbahaya
  • Berbentuk seperti jurang, dan menjorok ke dalam
  • Semakin dalam, hanya akan ada kegelapan
  • Letaknya di dalam lautan lepas
  • Dindingnya tajam dan curam
  • Terjal
  • Berbentuk cekung

Daftar Palung Laut Terdalam

124193916_s

  • Palung Philippine

Salah satu palung yang sangat dalam di dunia adalah Philipine. Sesuai dengan namanya, palung ini terdapat di salah satu negara di Benua Asia, Filipina. Palung Philippine adalah jurang terdalam nomor urut ketiga dengan kedalaman sedalam 10.540 meter. Adapun nama lainnya adalah Palung Mindanao.

Baca Juga : Buat Yang Belum Tahu, Simak Cara Over Kredit Mobil

Selain sangat dalam, palung ini juga memiliki lebar mencapai 1.320 meter. Sudah jelas sekali bahwa palung ini tentu sangat berbahaya. Belum lagi dengan dindingnya yang tajam dan juga terjal.

  • Palung Kermadec

Selanjutnya ada palung kermadec. Palung ini termasuk terdalam nomor lima karena memiliki kedalaman sampai 10.045 meter. Palung laut yang satu ini terdapat di area Samudera Pasifik. Lebih tepatnya di Australia bagian timur. Kedalamannya yang beribu-ribu meter tersebut membuatnya sangat gelap.

  • Palung Puerto Rico

Sama dengan namanya, palung ini terletak di wilayah Puerto Rico dengan kedalaman mencapai 8.605 meter. Tepatnya, palung yang satu ini terletak di Samudera Atlantik, di perbatasan antara Laut Karibia. Palung ini akan lebih berbahaya jika ada gempa besar yang terjadi di wilayah tersebut.

Baca Juga : Water Hammer: Pengertian, Efek dan Cara Mengatasinya

Hal ini dikarenakan, jika terjadi gempa bumi, tsunami dahsyat juga akan mengikuti. Palung ini memiliki daerah patahan yang sangat sensitif terhadap getaran. Palung Puerto rico juga termasuk ke daftar jurang paling dalam nomor tujuh di dunia.

  • Palung Jepang

Selanjutnya, ada palung Jepang yang memiliki kedalaman sampai 9.000 meter. Dilihat dari kedalamannya saja, tentu sudah terbayangkan bagaimana mengerikannya jika palung ini sampai retak karena gempa bumi. Palung ini terdapat di Negeri Bunga Sakura dan pada Samudera Pasifik.

  • Palung Kuril-Kamchatka

Selain beberapa nama di atas, ada juga palung yang berada di wilayah Samudera Pasifik bernama Kuril Kamchatka. Kurik Kamchatkan adalah palung yang memiliki luas sampai 10.500 meter dan termasuk ke dalam urutan palung terdalam peringkat keempat..

  • Palung Tonga

Diantara palung yang telah disebutkan di atas, Tonga memiliki kedalaman mencapai 10.882 meter. Palung Tonga bisa Anda temukan di wilayah Samudera Pasifik. Palung ini memiliki istilah untuk bagian terdalamnya, yakni Deep Horison. Tonga masuk dalam jajaran palung terdalam urutan kedua.

  • Palung Mariana

Palung Mariana yang memiliki kedalaman hingga mencapai 10.911 meter ini terletak di daerah Samudera Pasifik. Mariana juga termasuk ke dalam palung laut terdalam nomor satu di dunia. Selain Philippine, Mariana juga berada di negara Filipina yang tentunya memiliki bagian terdalam bernama Challenger.

Jurang ini diberi nama Mariana sejak eksplorasi yang dilakukan oleh beberapa angkatan laut dari Britania pada tahun 1951. Angkatan laut yang melakukan penelitian tersebut dinamakan Challenger II dan sampai saat ini nama itu digunakan untuk istilah titik terdalam Palung Mariana.

  • Cekungan Eurasia

Semua palung memang bentuknya seperti cekung dan menjorok ke dalam layaknya jurang, seperti cekungan Eurasia. Palung yang satu ini terletak di wilayah Samudera Arktik. Adapun luas atau kedalaman palung kurang lebih mencapai 5.449 meter.

Daerah yang membatasi palung ini meliputi wilayah Greenland, Lomonosov Ridge, dan tentunya Samudera Arktik. Terdapat dua laut yang berada di dekat palung Eurasia, yakni Laptev dan Kara. Ada yang melakukan penelitian dan menemukan fakta bahwa Eurasia telah ada sejak 53 tahun lalu.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya