Tips & Trik

Isi Bensin? Jangan Lupa Perhatikan Juga Kompresi Mesin!

PUBLISHED DATE : 12 November 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Isi-Bensin-Jangan-Lupa-Perhatikan-Juga-Kompresi-Mesin.jpg

Tiap kendaraan bermotor dengan kapasitas mesin yang berbeda, punya kompresi mesin yang juga tidak sama. Kompresi mesin yang tidak sama juga membutuhkan bahan bakar yang sesuai dan tidak bisa sembarangan. Kenapa? Karena akan berpengaruh pada keawetan dan juga performa mesin. Pemakaian bahan bakar yang tepat bisa memperpanjang usia mesin dan membuat tarikan menjadi lebih baik.

Tiap mesin dengan rasio kompresi tertentu, akan lebih baik performanya kalau memakai bahan bakar dengan nilai oktan yang sesuai. Nilai oktan merupakan angka yang memperlihatkan seberapa besar tekanan yang mampu diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Sedangkan rasio kompresi pada mesin pembakaran merupakan nilai yang mewakili rasio volume ruang pembakaran dari kapasitas paling besar ke kapasitas paling kecil.

Kendaraan yang tidak mengikuti anjuran pabrikan untuk memakai bahan bakar dengan oktan tertentu bisa menimbulkan banyak efek buruk pada mesin, seperti adanya penimbunan kerak karbon di ruang bakar, karena tidak terbakar dengan sempurna. Hal ini bisa mengakibatkan mesin mengelitik. Tenaga yang dihasilkan mesin juga bisa berkurang karena adanya endapan karbon di ruang bakar dengan jumlah yang tidak sedikit.

Baca Juga : Catat, Ini Cara Blokir STNK Motor dan Mobil Online

Selain itu, bisa juga menyebabkan injector menjadi tersumbat dan masalah-masalah lainnya. Semakin rendah nilai oktan, maka bensin akan semakin lambat terbakar, karena titik bakarnya lebih tinggi dan akan berakibat bensin lebih sulit menguap atau penguapan rendah. Karena itu, bensin yang tidak terbakar akibat oktan terlalu rendah bisa menyebabkan penumpukan kerak pada ruang bakar atau pada klep.

Karena itulah usahakan untuk selalu mengikuti anjuran pabrikan untuk memakai bahan bakar yang nilai oktannya sesuai dengan kompresi mesin kendaraan kita.  Jika Anda ingin tahu informasi lebih lengkap tentang hal ini, Anda bisa langsung bertanya pada mekanik handal yang ada di bengkel resmi Suzuki.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Ternyata Simpel, Begini Cara Melihat Pajak Motor di STNK

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya