Tips & Trik

Mengenal Lebih Dekat Apa Itu Negara Maritim

PUBLISHED DATE : 24 Mei 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/labugan.jpg

Negara maritim adalah julukan untuk negara yang sebagian besar wilayahnya adalah perairan. Anda pastinya juga sudah sering mendengar bahwa Indonesia adalah negara maritim. Tapi apakah Anda benar-benar sudah memahami apa itu negara maritim beserta seluk beluknya?

Mari memperluas pengetahuan Anda dengan mengenal lebih dekat apa itu negara maritim. Ulasan berikut tidak hanya memberi pengetahuan tentang definisi Negara maritim saja, namun akan membawa Anda lebih mengenal kemaritiman Indonesia. Berikut penjelasannya.

Pengertian Negara Maritim

Secara sederhana, negara maritim diartikan sebagai negara yang dikelilingi laut atau perairan yang luas. Negara maritim adalah suatu negara yang memiliki area laut yang lebih luas daripada daratan sebagai bagian dari wilayahnya. 

Baca Juga : Apa Sudah Tahu? Ternyata Ini Arti Marka Jalan

Beberapa ahli berpendapat bahwa negara ini terbentuk dari beberapa pulau yang jumlahnya tidak sedikit, atau disebut juga negara kepulauan.

Suatu negara dikatakan sebagai negara maritim apabila memiliki garis pantai yang panjang. Berdasarkan pengertian tersebut, terdapat beberapa negara maritim di dunia.

Contoh Negara maritim antara lain adalah Kanada, Indonesia, Papua Nugini, Jepang, Selandia Baru, dan masih banyak lagi. Negara-negara tersebut memiliki garis pantai yang panjang serta wilayah perairan yang lebih luas daripada daratan.

Baca Juga : Fungsi Ball Joint Suspensi dan Gejala Kerusakannya

Dilihat dari panjang garis pantainya, Indonesia menduduki peringkat kedua setelah Kanada. Memiliki garis pantai mencapai 202.800 kilometer, Kanada tercatat sebagai pemilik garis pantai terpanjang di dunia. Kemudian, Indonesia berada di peringkat kedua dengan garis pantai sepanjang 54.716 kilometer.

Sedangkan dilihat dari luas wilayahnya, Indonesia memiliki perbandingan luas wilayah perairan dan daratan mencapai 71 persen banding 29 persen. Dari total luas wilayah Indonesia, mencakup 5.180.083 km2, dan 71 persennya yaitu 3.257.483 km2 berupa perairan.

Hal itulah yang membuat Indonesia layak disebut sebagai negara maritim. Terlebih lagi, kemaritiman Indonesia didukung oleh jumlah pulau yang masuk dalam wilayahnya mencapai 17.504 pulau, membuat Indonesia termasuk dalam 15 besar negara maritim di dunia.

Baca Juga : Mobil Jarang Digunakan Lebih Awet, Benarkah?

keindahan_pantai

Ciri-ciri Negara Maritim

Seperti yang telah dijelaskan di atas, negara maritim berkaitan dengan perbandingan luas wilayah perairan dan daratan di suatu negara. Negara maritim mudah dikenali melalui berbagai ciri-ciri seperti berikut ini.

  1. Kawasan Laut yang Luas

Suatu negara termasuk dalam golongan negara maritim apabila memiliki kawasan laut yang luas. Secara umum, negara maritim memiliki perbandingan luas wilayah berupa laut dan perairan hingga 2:3 lebih besar daripada daratan.

    2. Memiliki Banyak Pulau

Pada umumnya, negara maritim terdiri dari banyak pulau sehingga disebut juga sebagai negara kepulauan. Pulau-pulau tersebut mendukung panjangnya garis pantai, serta perbandingan luas wilayah daratan dan perairan suatu negara.

    3. Dikelilingi oleh Laut dan Perairan

Berdasarkan ciri pertama dan kedua, secara otomatis dapat dikatakan bahwa negara maritim memiliki pulau yang dikelilingi oleh laut dan perairan. Batas negara berupa laut dan perairan juga akan menambah luasnya wilayah laut pada suatu negara, sehingga layak disebut negara maritim.

    4. Mata Pencaharian Penduduk Berhubungan dengan Laut

Panjangnya garis pantai dan luasnya wilayah laut berpengaruh pada mata pencaharian masyarakat.

Sebagai negara yang memiliki laut yang lebih luas, tentu sebagian besar masyarakat negara maritim banyak bekerja di aspek kelautan, seperti nelayan, pelaut, dan lain sebagainya.

    5. Sumber Daya Laut yang besar.

Wilayah berupa laut dan perairan memiliki sumber daya yang sangat kaya dan beragam. Hal ini menjadi ciri khas negara maritim sebagai negara yang memiliki wilayah laut yang luas.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya