Tips & Trik

10 Cara Efektif Jual Mobil Bekas dengan Harga Kompetitif

PUBLISHED DATE : 01 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/IGNIS_(1).jpg

Proses jual beli mobil bekas bisa Anda lakukan sendiri atau menyerahkannya kepada makelar mobil. Tapi jika Anda mengandalkan makelar, maka harga jual mobil tentu akan berkurang karena adanya komisi. 

Menggunakan jasa makelar membuat Anda sulit mendapatkan harga yang kompetitif. Padahal cara jual mobil bekas sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa makelar. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya yang benar. 

Apalagi di zaman serba teknologi seperti saat ini, proses jual beli jadi semakin praktis. Ada sepuluh cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menjual mobil bekas di rumah. Apa saja itu? 

Baca Juga : Seperti Ini Teknik Mengerem Mendadak Tanpa Ngesot

Pastikan Memberikan Harga Kompetitif

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah soal harga. Diperlukan harga pembuka yang seharusnya berada di atas harga standar mobil tersebut. Tujuannya adalah untuk mempermudah negosiasi yang dilakukan penjual dan pembeli. 

Oleh karena itu untuk mengetahui berapa harga kompetitifnya Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu. Berapakah harga pasaran mobil yang Anda miliki sekarang? Cobalah untuk melihat di berbagai tempat jual beli mobil bekas. 

Baca Juga : Apa Itu Aquaplaning? Ini Bahaya dan Tips Mencegahnya

Anda juga bisa melihat dari berbagai iklan pada mobil dengan seri sejenis. Setelah itu Anda akan tahu berapa harga mobil yang ingin dijual. Pastikan Anda sudah memiliki patokan harga terendah agar ketika ada yang menawar tidak di bawah harga tersebut. 

Contohnya saja Anda ingin menjual mobil seharga Rp 50.000.000, maka Anda bisa menawarkan dengan harga Rp 55.000.000 sampai Rp 60.000.000. 

Menjual Langsung ke Pengguna

Baca Juga : Penyebab Munculnya Karat pada Knalpot

Jika Anda sudah mendapatkan harga yang hendak ditawarkan, langkah selanjutnya adalah menyasar konsumen. Sangat disarankan untuk tidak menjual ke perantara dan penjual mobil. 

Cara menjual mobil bekas paling efektif adalah dengan mengetahui komunitas dari mobil tersebut. Lebih baik lagi jika Anda mengikuti salah satu komunitas di wilayah tempat tinggal. Dengan begitu akan mudah mendapatkan orang yang ingin membeli untuk digunakan sendiri. 

Keuntungan utama menjual ke pengguna adalah Anda bisa mendapatkan harga jual lebih tinggi di atas standar yang ditetapkan. Selain itu Anda juga tahu betul bahwa orang yang berencana membelinya akan merawat mobil dengan baik nantinya. 

Dokumen Sah dan Usia STNK Masih Lama

Cara jualan mobil selanjutnya jika ingin mendapatkan harga kompetitif adalah dengan mempersiapkan dokumen sah. Semua pembeli pasti akan menanyakan kelengkapan dokumen mobil. 

Persiapkan dokumen lengkap dan sah untuk menambah kepercayaan calon pembeli. Selain itu usia STNK juga perlu diperhitungkan. Jika STNK memiliki masa berlaku hampir habis, maka tentu akan menurunkan nilai jual. 

Pasalnya calon pembeli nanti harus membayar pajak tahunan. Beda jika masa berlaku STNK masih lama, maka pembeli masih memiliki banyak waktu untuk membayar pajak. 

Selain itu Anda juga harus menjamin agar pembeli bisa meminjam KTP. Tujuannya agar pembeli bisa dengan mudah memperpanjang STNK.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya