Tips & Trik

10 Cara Efektif Jual Mobil Bekas dengan Harga Kompetitif

PUBLISHED DATE : 01 September 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/IGNIS_(1).jpg

Proses jual beli mobil bekas bisa Anda lakukan sendiri atau menyerahkannya kepada makelar mobil. Tapi jika Anda mengandalkan makelar, maka harga jual mobil tentu akan berkurang karena adanya komisi. 

Menggunakan jasa makelar membuat Anda sulit mendapatkan harga yang kompetitif. Padahal cara jual mobil bekas sebenarnya bisa dilakukan sendiri tanpa bantuan jasa makelar. Anda hanya perlu tahu bagaimana caranya yang benar. 

Apalagi di zaman serba teknologi seperti saat ini, proses jual beli jadi semakin praktis. Ada sepuluh cara efektif yang bisa Anda lakukan untuk menjual mobil bekas di rumah. Apa saja itu? 

Baca Juga : Kenali Lebih Dekat Apa Itu Dermaga dan Tipenya

Pastikan Memberikan Harga Kompetitif

Hal pertama yang harus Anda pertimbangkan adalah soal harga. Diperlukan harga pembuka yang seharusnya berada di atas harga standar mobil tersebut. Tujuannya adalah untuk mempermudah negosiasi yang dilakukan penjual dan pembeli. 

Oleh karena itu untuk mengetahui berapa harga kompetitifnya Anda perlu melakukan survey terlebih dahulu. Berapakah harga pasaran mobil yang Anda miliki sekarang? Cobalah untuk melihat di berbagai tempat jual beli mobil bekas. 

Baca Juga : Apa Itu Aquaplaning? Ini Bahaya dan Tips Mencegahnya

Anda juga bisa melihat dari berbagai iklan pada mobil dengan seri sejenis. Setelah itu Anda akan tahu berapa harga mobil yang ingin dijual. Pastikan Anda sudah memiliki patokan harga terendah agar ketika ada yang menawar tidak di bawah harga tersebut. 

Contohnya saja Anda ingin menjual mobil seharga Rp 50.000.000, maka Anda bisa menawarkan dengan harga Rp 55.000.000 sampai Rp 60.000.000. 

Menjual Langsung ke Pengguna

Baca Juga : Special Service Tool: Pengertian, Jenis, dan Fungsinya

Jika Anda sudah mendapatkan harga yang hendak ditawarkan, langkah selanjutnya adalah menyasar konsumen. Sangat disarankan untuk tidak menjual ke perantara dan penjual mobil. 

Cara menjual mobil bekas paling efektif adalah dengan mengetahui komunitas dari mobil tersebut. Lebih baik lagi jika Anda mengikuti salah satu komunitas di wilayah tempat tinggal. Dengan begitu akan mudah mendapatkan orang yang ingin membeli untuk digunakan sendiri. 

Keuntungan utama menjual ke pengguna adalah Anda bisa mendapatkan harga jual lebih tinggi di atas standar yang ditetapkan. Selain itu Anda juga tahu betul bahwa orang yang berencana membelinya akan merawat mobil dengan baik nantinya. 

Dokumen Sah dan Usia STNK Masih Lama

Cara jualan mobil selanjutnya jika ingin mendapatkan harga kompetitif adalah dengan mempersiapkan dokumen sah. Semua pembeli pasti akan menanyakan kelengkapan dokumen mobil. 

Persiapkan dokumen lengkap dan sah untuk menambah kepercayaan calon pembeli. Selain itu usia STNK juga perlu diperhitungkan. Jika STNK memiliki masa berlaku hampir habis, maka tentu akan menurunkan nilai jual. 

Pasalnya calon pembeli nanti harus membayar pajak tahunan. Beda jika masa berlaku STNK masih lama, maka pembeli masih memiliki banyak waktu untuk membayar pajak. 

Selain itu Anda juga harus menjamin agar pembeli bisa meminjam KTP. Tujuannya agar pembeli bisa dengan mudah memperpanjang STNK.

IGNIS__2_

Kendaraan sudah Selesai Kredit

Nilai jual kendaraan akan semakin tinggi jika tidak ada tanggungan kredit yang harus dibayarkan. Cara jual mobil bekas yang sudah lepas kredit akan lebih aman dan meyakinkan pembeli. 

Kebanyakan pembeli tidak mau membeli kendaraan dengan oper kredit apalagi jika pembayaran sebelumnya sering bermasalah. Jadi sebaiknya hanya jual mobil bekas yang sudah lunas kreditnya. 

Dengan begitu nilai jual lebih baik dan Anda bisa cepat menjual kendaraan apabila ada kebutuhan yang mendesak. 

Tak Perlu Menutupi Kondisi Mobil yang Sebenarnya 

Jujur adalah kunci agar Anda bisa dengan mudah menawarkan mobil. Anda tidak perlu menutup-nutupi dan ceritakan kondisi mobil dengan baik. Pembeli tentu akan lebih senang dan tidak akan kecewa dengan mobil yang hendak mereka beli. 

Sebaiknya berikan kesempatan pembeli untuk mencoba mobil secara langsung untuk mengetahui kondisinya. Karena jika terdapat beberapa kekurangan yang masih bisa diperbaiki, pembeli jadi tahu apa yang akan mereka lakukan nantinya. 

Kondisi mobil yang sebenarnya juga jadi bahan pertimbangan saat tawar menawar harga. Jika kondisi mobil baik, tentu penawarannya tidak akan terlalu rendah. 

Lakukan Perbaikan Jika Terdapat Kerusakan

Menghindari kekecewaan oleh pembeli dan Anda bisa tetap mendapatkan harga yang kompetitif, sebaiknya perbaiki bagian mobil yang rusak. Setelah digunakan beberapa tahun pasti ada beberapa bagian yang aus sehingga butuh perbaikan. 

Baik dari segi interior, eksterior, hingga mesin harus dicek ulang dan diperbaiki. Semua unsur tersebut akan menjadi pertimbangan oleh pembeli. Anda juga bisa dengan mudah menetapkan harga kompetitif setelah melihat kondisi mobil. 

Ada beberapa bagian yang masih bagus bisa Anda tonjolkan dan menjadi alasan mengapa Anda memasang harga tersebut. Cara jual mobil bekas yang efektif harus mempertimbangkan soal ini. 

Tunjukan Riwayat Servis sampai Asuransi

Pembeli juga akan merasa diyakinkan jika Anda bisa menunjukkan riwayat servis. Artinya kendaraan terawat dengan baik sehingga meminimalisir kerusakan pada komponen mesin. Riwayat ini juga bisa meningkatkan penawaran harga lho. 

Selain itu tunjukan juga asuransi mobil yang Anda ikuti. Asuransi akan jadi cara jual mobil bekas yang cukup jitu untuk memperoleh kepercayaan pembeli. Pastikan riwayat servis selalu dilakukan di bengkel resmi. 

Jangan Lupa Promosikan di Media Online

Bagaimana cara Anda memasarkan? Anda bukan makelar dan belum berpengalaman bukan berarti tidak bisa mencari pembeli. Anda bisa memanfaatkan media online untuk menjual mobil bekas. 

Anda bisa mempromosikan mobil melalui berbagai media dengan memasang iklan. Dengan begitu Anda justru bisa menjangkau konsumen yang lokasinya mungkin di luar kota. Semakin banyak yang melihat iklan tentu peluang terjual lebih cepat. 

Memasang iklan di media online tidak mahal. Anda bisa memanfaatkan akun Anda di media sosial. Jangan lupa untuk mencantumkan contact person agar calon pembeli tak bingung harus menghubungi ke mana. 

Ambil Foto yang Menarik 

Supaya iklan Anda dipercaya, maka dibutuhkan foto mobil asli. Cara menjual mobil bekas melalui media online mengandalkan foto asli yang menarik. Usahakan mobil dalam kondisi yang bersih sehingga menghasilkan kualitas foto yang bagus. 

Bagian-bagian yang perlu difoto antara lain, belakang mobil, samping kiri kanan, kabin, dan juga mesin. Anda bisa membuka kap mesin dan mengambil foto. Semakin lengkap akan menarik perhatian calon pembeli lebih baik. 

Kelengkapan Mobil Perlu Dicek Ulang

Sebelum ada calon pembeli yang berencana untuk mengecek mobil, pastikan Anda sudah mengetahui kelengkapan mobil dengan benar. Ada beberapa perlengkapan wajib yang harus ada di dalam mobil. 

Contohnya saja kunci roda yang digunakan untuk membuka baut ban. Kelengkapan dongkrak hingga segitiga pengaman. Semakin lengkap Anda bisa mendapatkan harga kompetitif dan calon pembeli pun akan senang. 

Walaupun alat tersebut mungkin tidak menjadi bagian bawaan dari mobil tak ada salahnya untuk menambahkannya. 

Cara menjual mobil bekas membutuhkan kesabaran dan terus menawarkan. Jangan lupa untuk melakukan pengecekan dan perbaikan mobil sebelum ditawarkan ke bengkel resmi Suzuki terdekat. Supaya harga mobil yang Anda dapatkan tidak mengecewakan. 

 

Berita Lainnya