Tips & Trik

Tidak Sulit, Begini Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

PUBLISHED DATE : 20 November 2018

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/cara_parkir_paralel1.jpg

Apa Itu Parkir Paralel dan Bedanya Dengan Parkir Seri

Jalanan sempit dan keterbatasan lahan parkir seringkali menuntut pengemudi harus pandai mencari tempat parkir mobil. Ada beberapa jenis parkir yang perlu diperhatikan sesuai dengan penempatan mobil. 

Parkir paralel adalah salah satu jenis yang harus diperhatikan. Pengertian dari paralel adalah di mana Anda harus parkir dengan posisi berjajar memanjang. Posisinya sama seperti ketika hendak mengantri masuk ke gerbang tol. 

Baca Juga : Mengenal Fungsi Flasher Motor dan Jenisnya

Apabila dilihat dari tampilannya, parkir ini terlihat mudah tapi sebenarnya membutuhkan teknik tersendiri. Karena posisi akan menjadi sulit jika jarak mobil di depan dan di belakang cukup berdekatan. 

Kemungkinan untuk bisa tergores lebih tinggi, sehingga Anda harus melakukannya dengan hati-hati. Tidak mudah memang memasukkan mobil di antara dua mobil yang sudah terparkir. 

Selain parkir paralel ada juga parkir seri, yaitu di mana Anda harus parkir tegak lurus dengan sudut 90 derajat dari badan jalan utama. Posisinya tidak sejajar lurus depan belakang melainkan berjajar ke samping. 

Baca Juga : Yuk Ketahui, Ini Manfaat Tune Up Mobil dan Motor

Jadi akan terdapat mobil di samping kiri dan kanan. Sama seperti paralel, parkir seri juga tidak boleh dianggap remeh karena membutuhkan teknik dan trik khusus. Kesulitan akan muncul jika jarak jalan utama ke samping kiri dan kanannya sempit dan mobil yang Anda miliki berukuran panjang. 

Biasanya parkir seri banyak ditemukan di area parkir dalam gedung seperti mall. Mengenai jarak antar mobil tentu sudah diukur, sehingga hampir semua jenis mobil bisa masuk. Kenali apa saja tips yang bisa Anda ikuti supaya parkir seri dan paralel bisa dilakukan dengan baik. 

Tips agar Parkir Paralel Dilakukan dengan Rapi Bagi Pemula

Baca Juga : Bisa di Rumah, Begini Cara Mengkilapkan Cat Mobil

IGNIS(1)

Salah satu kesulitan saat mobil ingin di parkir paralel adalah kurangnya penglihatan pengemudi. Tak banyak area yang bisa dilihat sehingga pengalaman akan menentukan apakah Anda bisa parkir dengan rapi. 

Khususnya bagi pemula yang belum terbiasa, maka melakukan parkir paralel termasuk hal yang sulit. Tapi terus belajar untuk posisi parkir ini dibutuhkan. Memudahkan Anda supaya parkir berjalan mulus dan rapi, ikuti beberapa tipsnya berikut ini. 

  1. Mengenali arah belok

Kesalahan terbesar saat melakukan parkir berjajar depan belakang adalah tidak mengetahui arah belok. Sehingga pengemudi salah dalam membelokan stir dan mobil pun tidak bisa terparkir atau hanya berputar ke arah yang sama. 

Radius putar ini harus diketahui pengemudi terlebih dahulu supaya ketika membelokkan stir nantinya tidak akan kesulitan. Sekaligus menjaga jarak dengan kendaraan lain yang diparkir. Jika Anda membelokan stir terlebih dahulu maka akan mempersingkat radius putar dari mobil. 

Contohnya ketika Anda ingin parkir paralel di sebelah kiri jalan. Maka masukan ke persneling R kemudian mundur secara perlahan.

Pada saat ban depan dari mobil sejajar dengan bumper belakang mobil yang terparkir di depan maka arahkan stir ke arah yang berlawanan. Terakhir Anda tinggal menyesuaikan dengan ruang parkir yang telah tersedia. 

    2. Mengenali area parkir

Saat parkir Anda tak hanya mencari area yang kosong saja untuk menempatkan mobil. Anda juga perlu mengetahui area parkir yang kosong tersebut dengan cermat. Sehingga Anda sudah tahu bahwa area tersebut bisa digunakan untuk memarkir mobil dengan pas. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya