Tips & Trik

Apa Sudah Tahu? Ternyata Ini Arti Marka Jalan

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/nama_marka_jalan.jpg

Berkendara di jalan raya mempunyai aturan tersendiri agar para pengguna kendaraan bisa tetap aman. Aturan berkendara ini ditunjukkan dengan marka jalan yang biasa ditemui. Petunjuk di jalan raya ini mempunyai makna yang beragam.

Ada beberapa jenis marka di jalan raya yang harus dipatuhi oleh para pengendara. Lalu, apa saja jenis marka tersebut dan artinya? Berikut ulasan untuk Anda.

Marka Jalan Membujur

Baca Juga : Tarif Pajak Progresif Kendaraan yang Harus Kamu Ketahui

Tanda lalu lintas ini memiliki bentuk yang membujur dan sejajar dengan sumbu jalan. Marka dengan bentuk membujur ini digunakan untuk membatasi jalur lalu lintas kendaraan. Ada beberapa jenis marka membujur, antara lain adalah sebagai berikut.

  • Garis Putus-Putus

Marka membujur berupa garis putus-putus berarti petunjuk untuk mengarahkan lalu lintas. Marka membujur putus-putus ini juga sebagai peringatan bahwa akan ada petunjuk lalu lintas lain, yaitu garis utuh.

  • Marka Utuh

Bentuk Marka membujur yang selanjutnya adalah berupa garis utuh. Marka ini memiliki arti sebagai tanda utuh tersebut tidak boleh dilewati, sebab menunjukkan tepi jalan. Tanda ini tentu harus dipatuhi oleh para pengguna jalan raya

  • Garis Ganda Utuh

Baca Juga : Bisa di Rumah Aja, Ini Cara Membersihkan Jok Mobil

Arti dari garis Ganda Utuh dalam marka membujur ini digunakan sebagai pengingat untuk pengguna jalan agar tidak melewati tanda ini. Penyebabnya tak lain adalah agar pengguna jalan tetap aman saat berkendara dan terhindar dari kecelakaan karena berbagai faktor yang dijumpai di sekitarnya.

  • Garis Ganda Utuh Dan Putus-Putus

Marka jalan ini memiliki dua garis, yaitu utuh dan putus-putus dimana keduanya mempunyai makna berbeda. Pengendara yang berada di sisi garis utuh dilarang untuk melintasi tanda tersebut. Semantara pengendara yang berada di antara Marka putus-putus diperbolehkan melintasi garis ini.

Marka Jalan Lambang

Baca Juga : Mari Mengenal Kode Plat Nomor Motor Di Indonesia

Beberapa simbol yang sering ditemui di jalan raya memiliki makna masing-masing. Simbol yang sering dijumpai di jalan ini disebut marka lambang. Arti dari marka lambang meliputi sebuah perintah, larangan, dan peringatan.

Lambang yang digunakan untuk marka jalan adalah berupa gambar, tulisan, serta panah. Contoh marka lambang berupa tulisan adalah tanda yang ada di area parkir khusus. Marka ini dilambangkan menggunakan huruf P.

Simbol berupa gambar bisa Anda jumpai di kawasan sekolah. Tanda ini digunakan sebagai peringatan agar pengguna jalan lebih berhati-hati, sebab di kawasan tersebut banyak anak kecil yang melintas atau menyeberang jalan.

Pada jalan raya besar juga sering dijumpai marka lambang khusus untuk menunjukkan jalur pengguna sepeda. Marka ini dibuat agar pengendara di jalan raya lebih teratur dan menggunakan jalur yang sesuai dengan peraturan.

Marka Jalan Melintang

Jenis marka yang ada di jalan selanjutnya adalah dengan bentuk melintang. Marka ini berbentuk lurus sesuai dengan sumbu jalan raya. Contoh marka berbentuk melintang dan paling umum ditemui adalah zebra cross yang digunakan untuk penyebrangan.

Marka melintang yang lainnya adalah tanda berhenti di persimpangan. Pembuatan marka melintang di persimpangan ini tujuannya adalah agar lalu lintas menjadi teratur. Di samping itu, marka melintang di persimpangan ini akan meminimalisir terjadinya kecelakaan akibat yang pengendara tidak tertib.

Jenis marka melintang terdiri dari garis utuh dan putus-putus. Garis utuh berarti pengendara harus berhenti sesuai dengan lampu lalu lintas yang ada. Marka melintang putus-putus bermakna pengendara harus berhenti dan mempersilahkan kendaraan lain menyalip sesuai rambu lalu lintas.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya