Berita

Tips Mengemudi Aman di Jalan Tol untuk Pemula

Pertama kali berkendara dengan mobil alias masih pemula? Tentu akan merasa sedikit gugup dan khawatir jika diharuskan mengendarai mobil di jalan raya, terutama di jalur bebas hambatan atau jalan tol. Jalan tol emang sering kali dianggap sebagai jalur tantangan tersendiri bagi para pengemudi pemula.

Hal ini dikarenakan, tidak jarang kecepatan di atas-rata saat mengendarai mobil di jalan tol. Hal inilah yang menyebabkan kegugupan tersendiri dalam diri para pemula. Bagi Anda yang pemula atau baru saja mendapat SIM mungkin akan merasakan senang dan tegang secara bersamaan.

Tips Mengemudi Mobil dengan Aman di Jalan Tol untuk Pemula

Senang karena progres mengemudi lancar dan stabil. Tegang karena tuntutan bagi para pengemudi untuk berkendara dalam kecepatan yang konstan namun tetap lebih tinggi daripada jalan raya biasa karena karakter jalan tol yang bebas hambatan.

Nah, lantas bagaimana sih cara mengemudi yang aman dan benar ketika melewati jalur tol? Maka dari itu simak ulasan lengkapnya tentang tipsnya berikut ini.

1. Perhitungan Jarak Aman

Perhitungkan dan jaga jarak aman kendaraan Anda. Selain karena menjadi suatu keharusan dan dipatuhi bagi setiap pengendara, hal ini guna keselamatan dan kenyamanan berkendara Anda maupun orang lain. Jarak aman berkendara adalah sekitar 10-20 meter, atau jarak selisih waktu dengan kendaraan di depan Anda 3 detik.

2. Fokus dan konsentrasi penuh

Seringkali bosan dan mengantuk menyerang para pengendara di jalan tol karena karakteristik yang lurus dengan kecepatan konstan yang harus dipenuhi. Kurangnya fokus dan konsentrasi karena rasa kantuk sangat beresiko bagi Anda maupun pengendara lainnya. Jika kantuk dan bosan menyerang, minum air putih atau mendengarkan musik untuk mengalihkan.

3. Gunakan jalur lambat

Apabila Anda kurang merasa yakin menggunakan jalur cepat tol atau jalur kanan, gunakan jalur lambat untuk kenyamanan diri Anda sendiri dan pengendara lainnya. Pada jalur kiri atau lambat kecepatan rata-rata hanya berkisar antara 60-80 km per jam saja.

Demikianlah singkat ulasannya, sekian dan semoga bermanfaat. Selamat berkendara!

Berita Lainnya