Tips & Trik

Ketahui, Ini Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

PUBLISHED DATE : 25 September 2020

146457359 S

Freon merupakan komponen yang mempunyai fungsi penting pada AC mobil. Penyebab dari habisnya freon ini bisa karena kebocoran pada pipa saluran. Di samping itu, keausan karena usia mobil yang tua juga bisa menjadi pemicu habisnya freon.

  • Kondensor Kotor

Penyebab selanjutnya dari AC mobil tidak bisa dingin adalah karena kondensor kotor. Komponen utama pada AC ini akan terhambat kinerjanya jika dalam keadaan kotor. Penumpukkan kotoran yang tidak segera dibersihkan akan membuat komponen AC mobil ini menjadi berkarat.

Cara Merawat AC Mobil

Perawatan pada AC mobil merupakan hal yang perlu diperhatikan dan dilakukan oleh pemilik kendaraan ini. Perawatan ini ditujukan agar udara yang keluar dari AC mobil tetap dalam keadaan dingin. Berikut adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merawat AC mobil yang benar.

  • Jangan Membuka Jendela Saat AC Menyala

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah jangan membuka jendela saat AC mobil masih dalam keadaan menyala. Membuka jendela saat AC dalam keadaan menyala akan membuat udara dingin yang mengalir terbuang sia-sia.

  • Membersihkan Kondensor Secara Rutin

Baca Juga : Tidak Mau Radiator Mobil Bermasalah? Ikuti Cara Merawatnya

Membersihkan kondensor secara rutin sangat penting untuk dilakukan. Komponen utama AC mobil ini harus dirawat agar tidak berkarat dan tetap bisa berfungsi dengan baik. Bersihkan komponen utama AC ini secara rutin agar terhindar dari debu.

  • Jangan Mematikan AC Dalam Jangka Waktu Yang Lama

Mematikan AC mobil dalam jangka waktu lama merupakan hal yang tidak boleh dilakukan. AC mobil yang dimatikan malah cenderung akan cepat rusak. Di samping itu, mematikan AC mobil dalam jangka waktu yang lama juga akan membuat fan belt mengering, sehingga tidak dapat berfungsi dengan baik.

  • Membersihkan Kabin Mobil

Kabin atau interior mobil perlu dijaga kebersihannya dari debu yang menempel. Sebab, apabila debu terlalu menumpuk pada kabin bisa memicu terhambatnya filter udara pada AC. Pembersihan kabin ini cukup dengan mengelap bagian interior tersebut secara rutin.

  • Tidak Merokok

Merokok di dalam mobil akan membuat asap menjadi memenuhi  bagian dalam kendaraan. Asap yang mengandung nikotin dapat menempel di kabin mobil, sehingga bisa membahayakan. Asap yang menempel pada filter AC malah akan mengganggu sirkulasi udara.

  • Melakukan Servis Berkala

Cara terakhir untuk merawat mobil adalah melakukan servis secara berkala di bengkel resmi Suzuki. Servis ini ditujukan untuk memastikan bahwa setiap komponen dalam AC mobil dalam keadaan aman, demikian juga dengan kondensornya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya