Tips & Trik

Ketahui, Ini Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

PUBLISHED DATE : 25 September 2020

146457359 S

Fungsi selanjutnya dari kondensor pada AC mobil adalah untuk membuang panas. Pembuangan ini terjadi pada saat proses perubahan freon dari wujud gas hingga menjadi cair. Freon sendiri berasal dari salah satu komponen AC, yaitu kompresor.

Komponen AC ini berkesinambungan dengan kipas pendingin. Tingkat kedinginan dari udara yang dihembuskan oleh AC mobil ini dipengaruhi oleh kinerja kedua komponen tersebut. Fungsi dari keduanya akan terus berulang selama AC mobil masih dalam keadaan hidup.

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

AC mobil yang tidak dingin menjadi kendala tersendiri bagi pemilik kendaraan tersebut. Aliran udara dari AC yang tidak dingin akan membuat penumpang di mobil akan merasa lebih pengap. Bahkan dampak paling parahnya adalah akan membuat penumpang menjadi susah bernafas.

Ada beberapa penyebab yang membuat AC mobil tidak bisa menghembuskan udara dingin. Lalu, apa saja hal yang bisa menyebabkan AC mobil menjadi tidak dingin? Simak ulasannya berikut ini.

  • Fan Belt Putus

Baca Juga : Jangan Asal! Begini Cara Mencuci Mesin Mobil Yang Aman

Penyebab pertama AC mobil tidak ingin adalah putusnya fan belt. Fungsi dari fan belt ini adalah sebagai saluran putaran pada mesin model menuju ke kompresor. Fan belt yang putus akan membuat aliran kompresor terganggu, sehingga membuat freon tidak bisa tersalurkan dengan baik.

  • Evaporator Tersumbat

Evaporator merupakan bagian AC mobil yang berfungsi untuk penyaringan debu. Penyumbatan evaporator ini disebabkan oleh terlalu banyaknya debu yang menempel. Evaporator yang tersumbat bisa membuat aliran udara tidak bisa berjalan lancar.

Ada faktor yang membuat fungsi evaporator dapat terganggu atau tersumbat. Salah satu yang membuat evaporator menjadi tersumbat adalah filter AC mobil dalam kondisi kotor. Oleh sebab itu, komponen penyaring udara di AC berupa filter dan evaporator ini harus dibersihkan secara rutin.

  • Kerusakan Pada Kompresor

Kompresor yang rusak ditandai adanya warna hitam pada komponen ini. Kerusakan kompresor akan membuat kinerja komponen di AC mobil terhambat, sehingga udara tidak dingin. Apabila kompresor mobil mengalami kerusakan, sebaiknya segera bawa ke bengkel resmi untuk memperbaikinya.

  • Freon Habis
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya