Tips & Trik

Ketahui, Ini Cara Kerja dan Fungsi Kondensor AC Mobil

PUBLISHED DATE : 25 September 2020

146457359 S

Ketika panasnya diserap, freon akan berubah wujud menjadi cair. Panas pada freon diserap menggunakan bantuan kipas agar prosesnya maksimal. Selanjutnya freon akan dihembuskan ke luar AC melalui sirip-sirip dan receiver dryer.

Proses pengubahan hingga penghembusan freon ini terjadi berulang selama AC mobil dinyalakan. Freon yang sudah diproses tersebut akan berubah menjadi udara yang dingin dan terkesan halus di dalam mobil.

146059564_s

Fungsi Kondensor AC Mobil

Kondensor pada AC mobil mempunyai beberapa macam fungsi. Kegunaan komponen ini sangat mendukung kinerja AC mobil supaya maksimal. Lalu, apa saja fungsi dari komponen AC mobil yang satu ini? Berikut ulasannya.

  • Penukar Panas

Fungsi pertama dari komponen AC ini adalah untuk menukar panas. Kalor atau panas akan diubah dari semula berwujud gas menjadi bentuk cair. Pengubahan kalor ini akan dilakukan oleh komponen refrigerant.

Baca Juga : Ini Dia Bagian Komponen Mesin Mobil dan Fungsinya

Media yang digunakan untuk pengubahan kalor atau panas menjadi bentuk cair ini adalah udara. Peranan udara dalam hal ini adalah digunakan sebagai media untuk melakukan pendinginan. Pelepasan panas ini dibantu oleh komponen AC yang lainnya, yaitu kipas.

Sinergi antara semua komponen AC mobil ini dibutuhkan agar panas dapat diolah dengan baik. Apabila semua komponen bisa berfungsi secara maksimal, udara yang dihembuskan oleh AC akan dingin. Hal ini akan mempengaruhi kenyamanan pengendara dan penumpang yang ada di dalam mobil.

  • Mengubah Gas

Pengubahan gas refrigerant menjadi cairan freon dilakukan oleh komponen kondensor AC. Komponen AC yang satu ini kan melakukan penyerapan gas pada freon dengan bantuan udara. Jumlah panas yang dilepaskan akan setara dengan tingkat kedinginan udara di AC mobil.

Penempatan komponen AC ini biasanya terletak di radiator. Tujuannya adalah agar proses pendinginan komponen tersebut bisa dibantu oleh udara yang mengalir saat mobil bergerak dan dari kipas radiator. Proses ini juga berguna untuk membantu kinerja AC agar bisa maksimal.

  • Membuang Panas
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Panduan Merawat Eksterior Mobil

Panduan Merawat Eksterior Mobil

Tidak cuma interior, perawatan eksterior juga sangat penting untuk rutin dilakukan. Tidak perlu melakukan perawatan yang menguras kantong karena terpenting adalah kendaraan Anda te...

selengkapnya