Tips & Trik

Ketahui Ini Perbedaan Mesin Pembakaran Dalam dan Luar

PUBLISHED DATE : 26 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/21__ertiga_FFF_(2).jpg

Sumber utama tenaga gerak dari kendaraan bermotor adalah mesin. Nantinya, tenaga yang dihasilkan mesin akan masuk ke sistem penggerak kendaraan melalui mekanisme pemindah tenaga.

Ada 2 tipe mesin dalam kendaraan bermotor yaitu mesin pembakar dalam dan pembakar luar.

Mesin Pembakaran Dalam

Baca Juga : Ingin kredit Mobil? Ketahui Apa Itu DP dan Keuntungannya

Jenis mesin yang pertama adalah pembakaran dalam, dimana mesin jenis ini dipakai hampir pada setiap mobil dan motor.

Pembakaran dalam biasanya mengandalkan pembakaran yang berada dalam ruang tertutup, atau biasanya disebut juga dengan ruang pembakar (combustion chamber).

Mesin ini kemudian memproses campuran udara dan bahan bakar dengan dihisap masuk ke dalam ruang bakar. Proses selanjutnya yaitu bahan tersebut akan dibakar dalam ruang bakar dan nantinya menghasilkan ledakan. 

Baca Juga : Hal-Hal Yang Harus Anda Ketahui Sebelum Membeli Mobil SUV Suzuki

Ledakan hasil dari pembakaran udara dan bahan bakar inilah yang biasanya digunakan sebagai tenaga mekanik. Fungsinya untuk menggerakkan poros engkol. Poros engkol ini merupakan komponen penggerak untuk roda-roda kendaraan, tergantung dari jenis penggeraknya.

  • Contoh Mesin Pembakaran Dalam

Mesin pembakar dalam biasanya ada dalam beberapa jenis, seperti mesin 4 tak, mesin 2 tak, serta ada mesin wankel. Untuk contoh pemakaiannya, biasanya ada pada banyak kendaraan seperti mobil, bus, motor, truk, dan masih banyak lagi. Untuk bahan bakarnya biasanya memakai bensin atau diesel.

Apa kelebihan mesin dengan pembakaran dalam? Cari tahu di halaman selanjutnya. 

Baca Juga : Keuntungan Memakai Ban Tubeless Untuk Motor Anda

____________________________________________________________________________________

  • Kelebihan Mesin Pembakaran Dalam

Kelebihan dari mesin ini adalah pemakaian bahan bakar yang cenderung lebih hemat. Hal ini bisa terjadi karena sudah ada efisiensi panas yang lebih baik. Apalagi kalau diukur, konstruksinya juga lebih kecil, jadi tidak memerlukan ruang mesin yang luas ataupun komponen tambahan. 

Komponen tambahan diluar mesin yang dimaksud adalah seperti mesin uap yang membutuhkan ketel uap, kalau pembakaran dalam, tidak memerlukan lagi. Pengoperasian mesin ini juga dinilai cukup mudah, serta tidak terlalu banyak mengeluarkan asap.

  • Kekurangan Mesin Pembakaran Dalam

Sayangnya mesin ini tidak bisa menggunakan bahan bakar sembarangan. Contohnya saja jika menggunakan bensin, kemudian Anda pakai solar, maka mesin akan menjadi rusak. 

Bahkan jika sudah terbiasa dengan bensin tertentu, gerakannya akan berbeda jika menggunakan bahan bakar jenis lain.

Kemudian, juga butuh yang namanya kompresi cukup tinggi agar bisa memanaskan ruang bakar untuk penguapan bahan bakar. Cukup lemah kalau digunakan untuk melayani beberapa beban besar yang berada dalam satu poros. 

Mesin Pembakaran Luar

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya