Tips & Trik

Inilah Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru

PUBLISHED DATE : 05 Oktober 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/aki_motor.jpg

Baru saja membeli aki baru karena kendaraan sulit distarter? Mengganti aki baru tidak menjamin elektrik starter yang macet bisa bekerja normal kembali. Ada beberapa penyebab motor susah distarter padahal aki baru yang perlu Anda ketahui. 

Mengenali penyebab ini bisa menjadi bahan pertimbangan sebelum akhirnya Anda mengganti aki. Tujuannya agar Anda tidak terburu-buru membeli aki karena belum tentu permasalahannya ada pada aki. 

Apa Saja Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru 

Elektrik starter adalah salah satu bentuk kemajuan dalam dunia otomotif. Jika sepeda motor dulunya harus dinyalakan dengan starter engkol, kini hanya tinggal sekali pencet mesin dapat menyala. 

Baca Juga : Waspada, Begini Ciri Busi Mobil Perlu Diganti

Hanya saja elektrik starter melibatkan cukup banyak sistem kelistrikan, salah satunya adalah aki. Tanpa adanya aki yang menyimpan daya listrik, maka elektrik starter tidak akan menyala, begitu juga dengan mesin motor. 

Sayangnya masalah elektrik starter yang tidak menyala tidak selalu disebabkan oleh aki. Jika tiba-tiba Anda mengganti aki, belum tentu bisa memperbaiki elektrik starter. Ada beberapa penyebab motor susah distarter padahal aki baru berikut yang perlu dikenali. 

  1. Masalah pada Kabel dan Soket

Aki lemah adalah salah satu kendala yang bisa diatasi dengan mengganti aki baru. Hanya saja masalahnya tidak selalu aki lemah. Sistem kelistrikan dan juga starter elektrik melibatkan begitu banyak kabel dan juga soket. 

Baca Juga : Mari Mengenal Apa Fungsi Filter Udara Mobil dan Motor

Pemasangan kabel ini harus benar sehingga arus listrik dapat dialirkan dengan benar. Sayangnya karena getaran bahkan gigitan tikus, kabel serta soket ini bisa mengalami masalah. Kabel mungkin saja putus yang membuat aliran listrik terhenti. 

Lebih berbahaya lagi jika terjadi konsleting sehingga menimbulkan masalah pada komponen lain seperti lampu. Mesin tidak akan menyala dan jika memang masalahnya ada pada kabel, bukan mengganti aki solusinya tetapi perbaikan kabel. 

    2. Kotornya Starter Elektrik 

Penyebab motor susah distarter padahal aki baru juga bisa disebabkan starter elektrik mengalami kotor. Pada bagian tombol starter kerak sangat mudah muncul karena sering terkena hujan, debu, dan kotoran lainnya. 

Baca Juga : Sekring Motor: Fungsi, Jenis, dan Penyebab Sering Putus

Ketika starter terhambat oleh kotoran, maka alat tidak akan bekerja untuk menyalakan mesin. Tidak ada arus listrik yang terhubung dari starter elektrik sehingga membuat busi menyala. 

Solusi yang bisa Anda lakukan sangatlah mudah yaitu membersihkan area starter listrik terlebih dahulu sebelum membongkar komponen lainnya. Kemudian coba kembali untuk menekan tombol starter, seharusnya sepeda motor bisa menyala kembali. 

129273973_s

    3. Dinamo Starter Bermasalah

Apabila setelah membersihkan starter mesin tetap tidak mau menyala, maka masalah bisa saja berada pada dinamo starter. Komponen ini berfungsi sebagai pemutar gigi flywheel sehingga mesin dapat dinyalakan. 

Kerusakan dinamo starter adalah hal yang sangat langka karena komponen ini sebenarnya cukup aman. Namun kerusakan bisa terjadi karena arang kumparan atau brush terputus bahkan gosong. 

Biasanya kerusakan dinamo starter dimulai dari terjadinya korslet. Posisi brush pun juga harus benar yaitu berada di 4 titik, jika posisinya salah maka motor juga tidak mau hidup. 

Jika permasalahannya adalah posisi tidak tepat, maka Anda hanya perlu mengetuk secara ringan. Berbeda ketika masalahnya adalah brush putus, maka Anda harus memperbaikinya di bengkel terdekat. 

    4. Busi Melemah

Busi sering menjadi penyebab motor susah distarter padahal aki baru yang mungkin terlewatkan. Komponen yang satu ini memiliki masa pakai dan jika kekuatannya sudah melemah, maka percikan api yang dihasilkan pun akan menurun. 

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya