Tips & Trik

Inilah Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru

PUBLISHED DATE : 27 November 2023

Aki Motor

Beberapa sekring terkait langsung dengan sistem pengapian atau starter pada kendaraan. Jika sekring yang terkait dengan komponen-komponen ini terputus, Anda mungkin tidak dapat menyalakan kendaraan.

  • Bendik Mengalami Kerusakan

Bendik adalah salah satu komponen penting dalam sistem starter motor. Ini adalah gigi kecil yang dapat menghubungkan roda gila (flywheel) dengan gigi motor starter. Fungsinya adalah untuk mentransmisikan putaran dari motor starter ke roda gila mesin untuk menghidupkan mesin.

Jika bendik mengalami masalah, berakibat motor susah distarter. Ini dapat terjadi karena gigi bendik tidak dapat sepenuhnya terhubung dengan roda gila mesin, atau mungkin ada gesekan atau keausan yang menghambat gerakan gigi.

Selain itu, biasanya akan muncul suara aneh dari motor. Jika terdengar bunyi berderit atau berdecit saat mencoba untuk menghidupkan mesin, ini bisa menjadi tanda bahwa bendik mengalami gesekan yang tidak seharusnya dengan roda gila atau bahwa gigi bendik terkunci.

  • Masalah Pada Switch Rem

Pada beberapa motor modern, ada pengaman tambahan yang bernama side stand switch. Kinerja pengamanan ini adalah dengan menghentikan kinerja mesin apabila pengendara menurunkan standar samping.

Saat itu terjadi, switch rem dapat memutuskan arus listrik. Sehingga motor pun tidak bisa distarter atau dihidupkan. Sayangnya pengamanan ini jadi hal buruk jika ada kotoran atau hambatan.

Baca Juga : Nyala Headlamp Motor Jadi Berkedip? Mungkin Ini Penyebabnya

Mesin tidak akan menyala apabila ada masalah tersebut. Anda harus segera melakukan perbaikan standar motor tempat switch rem ini terhubung.

  • Kompresi Bocor

Terakhir adalah masalah kebocoran pada kompresi. Anda sebenarnya bisa melakukan pengecekan sendiri di rumah apabila ini terjadi.

Caranya bisa dengan melepaskan busi, lalu tutup lubangnya dengan ibu jari Anda. lalu hidupkan motor dengan kick starter, kemudian rasakan tekanannya. Apabila kaki terasa lemah, bisa jadi ada kebocoran pada kompresi ini.

Sebaiknya sebelum mengganti aki, Anda memastikan terlebih dahulu penyebab motor tidak bisa distarter. Namun apabila terlanjur terjadi, tetap periksa kinerja komponen lain yang terhubung.

Jika motor susah distarter meskipun aki baru telah dipasang, sebaiknya Anda membawa kendaraan ke bengkel atau mekanik yang kompeten untuk pemeriksaan lebih lanjut. Identifikasi penyebab yang akurat akan membantu memperbaiki masalah dengan efisien, sehingga motor dapat kembali beroperasi dengan normal.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya