Tips & Trik

Inilah Penyebab Motor Susah Distarter Padahal Aki Baru

PUBLISHED DATE : 27 November 2023

Aki Motor

Penyebab kerusakannya bisa jadi karena arang kumparan gosong atau bahkan terputus. Namun biasanya, kerusakan ini bisa ditandai dengan adanya korslet. Kemudian posisi brush akhirnya salah sehingga motor juga susah untuk dihidupkan.

Kalau sudah begini, Anda wajib pergi ke bengkel untuk membenahi permasalahannya. Terlebih jika Anda tidak bisa membenahinya sendiri di rumah.

  • Sistem Pengapian Bermasalah

Masalah berikutnya bisa terjadi apabila sistem pengapian bermasalah. Beberapa komponen yang ada pada sistem tersebut yakni  busi yang kotor atau lemah. Akibatnya mesin kesulitan untuk menyala. 

Penyebabnya karena api yang dihasilkan oleh busi tidak cukup kuat untuk menyulut campuran bahan bakar dan udara di dalam ruang bakar. Permasalahan ini biasanya muncul pada bagian kepala dan elektrodanya. Selain kotor, bisa saja busi dalam keadaan sudah aus.

Sebaiknya Anda segera melakukan penggantian busi apabila masalahnya karena aus. Apalagi biaya ganti ini jauh lebih murah ketimbang harus ganti aki motor. Maka permasalahan ini sebaiknya Anda lihat terlebih dahulu sebelum memutuskan mengganti aki motor dengan yang baru.

  • Sistem Injeksi Bermasalah

Baca Juga : Mengenal Jenis Wiper Mobil Dan Cara Merawatnya

Pada motor injeksi, masalah pada sistem injeksi seperti penyumbatan atau sensor yang rusak dapat membuat motor sulit untuk distarter. Sistem injeksi yang tidak berfungsi dengan baik dapat mengakibatkan campuran bahan bakar dan udara yang tidak sesuai, menyulitkan proses pembakaran.

Maka dari itu apabila Anda menggunakan motor injeksi, maka masalah tambahan ini bisa saja terjadi. Lakukan pemeriksaan mendalam ketika motor susah distarter termasuk dalam sistem injeksi ini. 

  • Sekring Terputus

Sekring adalah komponen penting dalam sistem listrik kendaraan yang berfungsi sebagai pembatas arus listrik. Ketika sekring terputus atau putus, ini menandakan bahwa terjadi gangguan atau kelebihan arus di dalam sistem listrik kendaraan.

Sekring dirancang untuk melindungi perangkat-perangkat listrik dalam kendaraan dari kelebihan arus. Jika sekring terputus, perangkat atau sistem yang terlindungi oleh sekring tersebut akan mati atau tidak berfungsi. Ini bisa termasuk lampu, sistem audio, klakson, atau komponen lainnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya