Tips & Trik

Penyebab Motor Mogok Setelah Dicuci

PUBLISHED DATE : 19 Juni 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/shutterstock_517451815.jpg

Salah satu kewajiban yang harus dilakukan para pengendara motor ialah rutin mencuci kuda besinya. Kenapa harus rutin? Sebagai kendaraan harian yang digunakan sehari-hari, sepeda motor seringkali menghadapi hujan dan genangan air. Tapi ingat, mencuci motor tidak boleh asal mencuci saja. Jangan sampai saat selesai dibersihkan, motor kesayangan menjadi sulit untuk distarter atau dihidupkan. Walaupun tidak berbahaya untuk kesehatan motor, namun hambatan seperti ini bisa sangat mengganggu, khususnya saat sedang terburu–buru.

Berikut adalah 3 komponen yang sebaiknya diperiksa saat motor sulit dinyalakan sesaat setelah dicuci.

  1. Karburator

Ketika dicuci, mungkin saja ada air yang tidak sengaja masuk ke dalam mangkuk karburator. Komponen yang satu ini adalah lokasi pembakaran bahan bakar yang bercampur dengan udara dan keberadaan air tentu sudah pasti bisa sangat mengganggu.

Baca Juga : Harus Waspada, Ini Akibat Telat Ganti Oli Motor Kamu

Solusinya, coba buka mangkuk karburator dengan sebelumnya Anda harus sudah menutup kran bensin terlebih dahulu.

  1. Perangkat sistem pengapian

Tidak hanya cop busi, bagian elektroda dari busi juga mungkin saja mengalami kelembaban kerana terkena air ketika motor dicuci. Selain memastikan komponen ini kering, kita juga sebaiknya mengecek kondisi kelistrikan.

Pertama, pasang busi pada kop busi, dan tempelkan ulir busi pada blok silinder atau kepala silinder. Lalu, nyalakan motor dengan kick starter. Kalau ada percikan api yang keluar, maka kelistrikan dari motor tidak bermasalah.

  1. Kop Busi

Baca Juga : Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

Kop busi motor juga bisa menjadi masalah utama pada mogoknya motor karena air bisa cukup mudah masuk ke dalam bagian itu. Kop busi merupakan bagian yang menghubungkan kabel busi dengan busi. Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu mencopot kop busi dan membersihkannya dengan kain yang kering.

Semoga informasi ini bermanfaat dan jika Anda masih mengalami masalah pada motor Suzuki kesayangan Anda, bawalah segera ke bengkel resmi Suzuki. Di sana, montir berpengalaman Suzuki akan dengan senang hati mengecek kondisi motor Anda.

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya