Tips & Trik

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/156788116_s.jpg

Kampas ganda merupakan dua unit kopling yakni kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder (terletak pada sebelah transmisi). Komponen dalam motor matic ini memiliki fungsi untuk menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang. 

Kampas ganda sendiri, pada kondisi tertentu bisa habis sebelah karena berbagai penyebab. Berikut ulasan mengenai penyebab kampas habis sebelah selengkapnya.

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

  • Motor Matic Digunakan untuk Membawa Beban Berat

Baca Juga : Praktis, Ini 6 Cara Membersihkan Karburator Motor

Penyebab pertama yang bisa membuat kampas motor matic ganda habis adalah membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan tiap kendaraan motor. Kinerja komponen tersebut dan v-belt akan menjadi lebih berat.

Membawa beban berat dengan frekuensi sering akan membuat kampas ganda menjadi cepat habis dan v-belt menjadi cepat retak.  

  • Motor Matic Sering Digunakan Berkendara saat Kondisi Jalan Macet

Penyebab berikutnya adalah penggunaan motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan kampas ganda telah bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. 

Baca Juga : Catat Ini Jarak Ideal Ganti Oli Motor Matic

Bagaimana kampas ganda cepat habis karena kondisi jalan macet, lihat alasannya di halaman selanjutnya.

_________________________________________________________________________________________________

Kampas yang sering bergesekan, menyebabkan kampas tersebut cepat habis. Sehingga, mulai dari sekarang Anda bisa membiasakan untuk mengurangi menahan gas ketika motor berhenti. Anda bisa menggunakan rem untuk menahan motor saat di jalanan macet.

  • Motor Matic Sering Digunakan pada Kondisi Jalanan Menanjak

Baca Juga : Yuk Mengenal Lebih Dalam Sistem Kelistrikan Motor

Saat motor matic sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau turun, kampas menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah. 

Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.

  • Menahan Gas Saat Motor Berhenti

Hal lain yang menyebabkan dua unit kopling cepat habis adalah menahan gas saat motor matic berhenti. Saat motor matic diam, dua unit kopling tersebut bergesekan dengan rumah atau mangkuknya. Hal ini juga bisa menyebabkan kampas cepat habis sebelah.

Solusi Agar Kampas Ganda Motor tidak Cepat Habis Sebelah

97443813_s

Beberapa penyebab tersebut dapat diatasi atau dicegah agar kampas ganda tidak mudah habis atau termakan sebelah (habis sebelah). 

Cek di halaman selanjutnya tips yang bisa Anda coba dan praktikan untuk motor matic.

__________________________________________________________________________________________________

  • Istirahatkan Motor Matic saat Suhu CVT (Continuously Variable Transmission) Tinggi
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya