Tips & Trik

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

PUBLISHED DATE : 28 Februari 2022

156788116 S

Kampas ganda merupakan dua unit kopling yakni kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder (terletak pada sebelah transmisi). Komponen dalam motor matic ini memiliki fungsi untuk menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang. 

Kampas ganda sendiri, pada kondisi tertentu bisa habis sebelah karena berbagai penyebab. Berikut ulasan mengenai penyebab kampas habis sebelah selengkapnya.

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

  • Motor Matic Digunakan untuk Membawa Beban Berat

Penyebab pertama yang bisa membuat kampas motor matic ganda habis adalah membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan tiap kendaraan motor. Kinerja komponen tersebut dan v-belt akan menjadi lebih berat.

Membawa beban berat dengan frekuensi sering akan membuat kampas ganda menjadi cepat habis dan v-belt menjadi cepat retak.  

  • Motor Matic Sering Digunakan Berkendara saat Kondisi Jalan Macet

Penyebab berikutnya adalah penggunaan motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan kampas ganda telah bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. 

Bagaimana kampas ganda cepat habis karena kondisi jalan macet, lihat alasannya di halaman selanjutnya.

_________________________________________________________________________________________________

Kampas yang sering bergesekan, menyebabkan kampas tersebut cepat habis. Sehingga, mulai dari sekarang Anda bisa membiasakan untuk mengurangi menahan gas ketika motor berhenti. Anda bisa menggunakan rem untuk menahan motor saat di jalanan macet.

  • Motor Matic Sering Digunakan pada Kondisi Jalanan Menanjak

Saat motor matic sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau turun, kampas menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah. 

Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.

  • Menahan Gas Saat Motor Berhenti

Hal lain yang menyebabkan dua unit kopling cepat habis adalah menahan gas saat motor matic berhenti. Saat motor matic diam, dua unit kopling tersebut bergesekan dengan rumah atau mangkuknya. Hal ini juga bisa menyebabkan kampas cepat habis sebelah.

Baca Juga : Jadi Mudah, Ini Syarat & Cara Bayar Pajak Motor Online

Solusi Agar Kampas Ganda Motor tidak Cepat Habis Sebelah

97443813_s

Beberapa penyebab tersebut dapat diatasi atau dicegah agar kampas ganda tidak mudah habis atau termakan sebelah (habis sebelah). 

Cek di halaman selanjutnya tips yang bisa Anda coba dan praktikan untuk motor matic.

__________________________________________________________________________________________________

  • Istirahatkan Motor Matic saat Suhu CVT (Continuously Variable Transmission) Tinggi

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mencegah kampas cepat habis atau habis sebelah adalah mengistirahatkan motor saat suhu di dalam CVT melebihi suhu mesin (pada suhu tinggi).

Suhu di dalam CVT bisa mencapai 200 derajat celcius lebih, kalau dipaksa jalan terus bisa berbahaya.

Panas tinggi yang terjadi di dalam CVT dapat menyebabkan kampas meleleh dan timbul bau terbakar (karet V-belt).

Oleh karena itu, istirahatkan motor selama kurang lebih 15 menit saat CVT bersuhu tinggi dan, jangan menyiramnya agar cepat dingin. Tunggulah hingga suhu mulai turun dengan sendirinya.

  • Berkendara dengan Santun dan Tepat

Cepat atau lamanya usia kampas kopling bergantung terhadap cara berkendara pemilik motor tersebut dan juga jenis jalan yang sering dilewati (jalanan datar, menanjak, atau turun). Berkendara dengan santun dapat mempengaruhi daya tahan kampas ganda.

Berkendara dengan santun dapat meringankan kerja kampas kopling, sehingga manfaatnya adalah usia pakai menjadi lebih lama.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya