Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah
28 Februari 2022
Admin
Bagikan
Penyebab berikutnya adalah penggunaan motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan kampas ganda telah bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak.
Bagaimana kampas ganda cepat habis karena kondisi jalan macet, lihat alasannya di halaman selanjutnya.
_________________________________________________________________________________________________
Kampas yang sering bergesekan, menyebabkan kampas tersebut cepat habis. Sehingga, mulai dari sekarang Anda bisa membiasakan untuk mengurangi menahan gas ketika motor berhenti. Anda bisa menggunakan rem untuk menahan motor saat di jalanan macet.
- Motor Matic Sering Digunakan pada Kondisi Jalanan Menanjak
Saat motor matic sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau turun, kampas menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah.
Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.
- Menahan Gas Saat Motor Berhenti
Hal lain yang menyebabkan dua unit kopling cepat habis adalah menahan gas saat motor matic berhenti. Saat motor matic diam, dua unit kopling tersebut bergesekan dengan rumah atau mangkuknya. Hal ini juga bisa menyebabkan kampas cepat habis sebelah.
Baca Juga : Tips Aman Berkendara Motor Sambil Ngevlog
Solusi Agar Kampas Ganda Motor tidak Cepat Habis Sebelah
Beberapa penyebab tersebut dapat diatasi atau dicegah agar kampas ganda tidak mudah habis atau termakan sebelah (habis sebelah).
Cek di halaman selanjutnya tips yang bisa Anda coba dan praktikan untuk motor matic.
__________________________________________________________________________________________________
- Istirahatkan Motor Matic saat Suhu CVT (Continuously Variable Transmission) Tinggi
Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mencegah kampas cepat habis atau habis sebelah adalah mengistirahatkan motor saat suhu di dalam CVT melebihi suhu mesin (pada suhu tinggi).
Suhu di dalam CVT bisa mencapai 200 derajat celcius lebih, kalau dipaksa jalan terus bisa berbahaya.