Tips & Trik

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

PUBLISHED DATE : 28 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/156788116_s.jpg

Kampas ganda merupakan dua unit kopling yakni kopling primer (sentrifugal) dan kopling sekunder (terletak pada sebelah transmisi). Komponen dalam motor matic ini memiliki fungsi untuk menyalurkan dan memutus putaran mesin dari CVT depan ke belakang. 

Kampas ganda sendiri, pada kondisi tertentu bisa habis sebelah karena berbagai penyebab. Berikut ulasan mengenai penyebab kampas habis sebelah selengkapnya.

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

  • Motor Matic Digunakan untuk Membawa Beban Berat

Baca Juga : Mengenal Lebih Dekat Selang Rem di Motor Anda

Penyebab pertama yang bisa membuat kampas motor matic ganda habis adalah membawa beban berat melebihi kapasitas yang dianjurkan tiap kendaraan motor. Kinerja komponen tersebut dan v-belt akan menjadi lebih berat.

Membawa beban berat dengan frekuensi sering akan membuat kampas ganda menjadi cepat habis dan v-belt menjadi cepat retak.  

  • Motor Matic Sering Digunakan Berkendara saat Kondisi Jalan Macet

Penyebab berikutnya adalah penggunaan motor matic yang sering digunakan dalam kondisi jalanan yang macet. Hal ini dikarenakan kampas ganda telah bergesekan dan menahan rumah komponen tersebut supaya ban motor tidak bergerak. 

Baca Juga : Tips Sederhana agar Motor Tidak Mudah Dicuri Maling

Bagaimana kampas ganda cepat habis karena kondisi jalan macet, lihat alasannya di halaman selanjutnya.

_________________________________________________________________________________________________

Kampas yang sering bergesekan, menyebabkan kampas tersebut cepat habis. Sehingga, mulai dari sekarang Anda bisa membiasakan untuk mengurangi menahan gas ketika motor berhenti. Anda bisa menggunakan rem untuk menahan motor saat di jalanan macet.

  • Motor Matic Sering Digunakan pada Kondisi Jalanan Menanjak

Baca Juga : Mau Ganti Motor? Ini Tips Jual Motor Bekas

Saat motor matic sering digunakan dalam kondisi jalan yang menanjak atau turun, kampas menjadi cepat habis. Pada tanjakan, kampas bergesekan dan memakan tapak kampas, alhasil kampas jadi termakan setengah. 

Jadi, beralihlah untuk menggunakan rem dan meninggalkan menahan gas motor matic. Penggunaan yang seperti ini membuat kampas bekerja dengan keras dan menyebabkan kampas cepat habis atau habis sebelah.

  • Menahan Gas Saat Motor Berhenti

Hal lain yang menyebabkan dua unit kopling cepat habis adalah menahan gas saat motor matic berhenti. Saat motor matic diam, dua unit kopling tersebut bergesekan dengan rumah atau mangkuknya. Hal ini juga bisa menyebabkan kampas cepat habis sebelah.

Solusi Agar Kampas Ganda Motor tidak Cepat Habis Sebelah

97443813_s

Beberapa penyebab tersebut dapat diatasi atau dicegah agar kampas ganda tidak mudah habis atau termakan sebelah (habis sebelah). 

Cek di halaman selanjutnya tips yang bisa Anda coba dan praktikan untuk motor matic.

__________________________________________________________________________________________________

  • Istirahatkan Motor Matic saat Suhu CVT (Continuously Variable Transmission) Tinggi

Cara pertama yang bisa Anda coba untuk mencegah kampas cepat habis atau habis sebelah adalah mengistirahatkan motor saat suhu di dalam CVT melebihi suhu mesin (pada suhu tinggi).

Suhu di dalam CVT bisa mencapai 200 derajat celcius lebih, kalau dipaksa jalan terus bisa berbahaya.

Panas tinggi yang terjadi di dalam CVT dapat menyebabkan kampas meleleh dan timbul bau terbakar (karet V-belt).

Oleh karena itu, istirahatkan motor selama kurang lebih 15 menit saat CVT bersuhu tinggi dan, jangan menyiramnya agar cepat dingin. Tunggulah hingga suhu mulai turun dengan sendirinya.

  • Berkendara dengan Santun dan Tepat

Cepat atau lamanya usia kampas kopling bergantung terhadap cara berkendara pemilik motor tersebut dan juga jenis jalan yang sering dilewati (jalanan datar, menanjak, atau turun). Berkendara dengan santun dapat mempengaruhi daya tahan kampas ganda.

Berkendara dengan santun dapat meringankan kerja kampas kopling, sehingga manfaatnya adalah usia pakai menjadi lebih lama.

Sedangkan saat gaya berkendara Anda dengan gaya gas rem, maka kampas kopling cenderung lebih cepat habis (aus). Gaya berkendara Anda menentukan usia kampas kopling.

Bukan hanya cara berkendara, rutinitas servis juga bisa jadi penyebab kerusakan kampas ganda, cek di halaman berikutnya.

________________________________________________________________________________________________

  • Rutin Melakukan Servis Berkala untuk Pengecekan Kondisi CVT

Setiap pengendara dan pemilik motor matic sudah sepatutnya mengerti dan mengetahui fungsi kopling. Supaya rutin untuk melakukan pengecekan berkala, daerah CVT harus dalam kondisi yang bersih, guna menjaga performa motor matic tetap dalam kondisi terbaik.

Pengecekan kondisi CVT dapat dilakukan berbarengan saat melakukan servis berkala (ganti oli). Anda bisa menyerahkan ke mekanik bengkel resmi. Proses pemeriksaan CVT biasanya juga bersamaan dengan pembersihan area CVT.

  • Mengganti Duo Unit Kopling

Pada umumnya, duo unit kopling yang mulai menipis atau habis ditandai dengan getaran pada daerah CVT. Jika demikian, Anda dianjurkan untuk membawanya ke bengkel resmi Suzuki. Kemudian, lakukan pemeriksaan di area CVT dengan cara membongkarnya. 

Biasanya, dengan total jarak tempuh berkisar 24.000 sampai 35.000 kilometer, sudah terjadi keausan pada kopling motor matic. Lakukan penggantian kopling, mengingat komponen ini sangat penting dalam menunjang performa motor matic Anda.

  • Memilih Kampas Kopling Ganda yang Tepat

Setelah melakukan pemeriksaan terhadap CVT dan ternyata perlu penggantian kopling. Pilihlah kopling yang tepat, karena jika salah memilih kopling sesuai dengan motor matic Anda, tenaga yang tersalur ke CVT tidak akan mampu bekerja secara optimal.

Kenali kopling yang tepat harus digunakan agar tidak salah di halaman berikutnya. 

________________________________________________________________________________________________

Pilihlah kopling dengan jenis bahan rockwool yang dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Selain itu, kampas kopling dengan bahan ini lebih tahan terhadap suhu tinggi dan kuat terhadap gesekan. Ketika memilih untuk menggunakan kopling bahan ini, Anda tidak perlu khawatir saat mesin bekerja keras.

  • Jangan Membawa Beban yang Terlalu Berat saat Berpergian

Saat Anda ingin bepergian dengan jalanan yang menanjak, usahakan untuk tidak membawa beban berat.

Cara ini bisa mencegah duo unit kopling cepat habis sebelah. Hal ini karena membawa beban berat dengan kondisi jalanan tanjakan bisa berpengaruh, misalnya kampas menjadi aus, dan lainnya.

Ciri-ciri Kampas Ganda Motor Matic Habis

Jika Anda merasakan ciri-ciri berikut, menandakan bahwa kampas kopling motor matic Anda habis (aus).

Sehingga, kendaraan bisa segera dibawa ke bengkel resmi Suzuki agar mendapatkan penanganan dan performa motor matic kembali bagus. Berikut ulasan mengenai tanda kampas kopling habis.

  • Tarikan Awal Berat

Tarikan awal motor matic yang terasa berat bisa menjadi tanda-tanda bahwa kampas kopling motor matic Anda habis. Akselerasi awal motor yang tidak responsif, menjadi dugaan bahwa kampas kopling yang aus.

__________________________________________________________________________________________________

  • Getaran yang Terjadi di Area CVT

Ciri - ciri lain yang menandakan bahwa kampas kopling habis adalah getaran pada CVT. Kampas yang menipis dan tidak bisa menempel dengan baik di wadahnya, bisa menimbulkan getaran di CVT. Jika tanda tersebut Anda rasakan pada motor matic, segeralah bawa ke bengkel resmi.

  • Rotasi Per Menit (RPM) Tiba-Tiba Menjadi Meningkat

Putaran mesin yang tinggi juga menjadi tanda dari menipisnya kampas motor matic. Perputaran mesin yang semakin meningkat tidak terjadi secara otomatis, hal tersebut disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan juga kondisi kampas ganda yang mulai licin.

  • Kick Starter Loss

Tanda dari menipisnya kampas pada motor matic adalah saat Anda menginjak kick starter tetapi terasa loss.

Hal ini menunjukkan gejala dari habisnya kampas. Jika kondisi seperti ini terjadi berulang-ulang, maka jangan menunda-nunda lagi untuk membawanya ke bengkel resmi untuk dibenahi yang rusak.

Itulah beberapa penyebab kampas ganda motor matic habis sebelah dan sedikit ulasan seputar perawatan dan tips agar kampas tidak cepat habis atau termakan setengah.

Anda bisa mereparasi dan membeli kampas ganda di bengkel Suzuki terdekat, agar berkendara Anda berjalan lancar dan aman.

Berita Lainnya