Tips & Trik

Banyak Juga, Ini Dia Jenis Jenis Motor Yang Ada

PUBLISHED DATE : 13 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/GSXS.jpg

Sepeda motor menjadi kendaraan yang banyak digunakan, khususnya di negara Asia Tenggara. Jenis motor yang tersedia juga bukan hanya kendaraan bebek roda dua saja. Ada banyak jenis yang diciptakan sesuai dengan kebutuhannya.

Jadi jika Anda berencana untuk membeli motor baru, sebaiknya kenali dulu jenis-jenisnya.

Dengan begitu Anda bisa mengetahui jenis manakah yang cocok untuk dibeli, selain itu menyesuaikan dengan harganya. Berikut ini akan dijelaskan jenis sepeda motor apa saja yang ada saat ini.

Baca Juga : Cara Mengendarai Motor Matic, Buat Kamu Yang Baru Belajar

Nex_Cross__3_

10 Jenis Sepeda Motor yang Harus Dikenali Sebelum Membeli

Motor sama halnya dengan teknologi yang selalu berkembang, mulai dari mesin hingga desainnya. Semua bukan hanya disesuaikan dengan keindahan tampilannya saja, tetapi juga menyesuaikan kebutuhan manusia.

Bagi Anda yang menyukai otomotif pasti tak ingin melewatkan untuk mengenali jenis motor apa saja yang telah ada selama ini. Berikut ini 10 jenisnya.

  1. Motor Adventure

Baca Juga : Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Sesuai dengan namanya, tujuan diciptakannya motor ini adalah untuk berpetualang dengan ukurannya yang cukup besar. Motor didesain agar tetap nyaman digunakan pada jalanan beraspal atau off road.

Jadi perjalanan jarak jauh seperti apapun bisa dilakukan dengan mudah menggunakan motor adventure. Ciri dari motor ini adalah memiliki beak atau parh dan terdapat pilihan supaya bisa menambahkan box motor.

Selain itu motor dilengkapi juga dengan crash protector, suspensi untuk perjalanan jauh dan ban dual sport. Berapapun jauh jarak tempuhnya, motor ini mampu menerjangnya.

    2.Sportbike

Baca Juga : Apa Itu Sunmori dan Istilah Para Rider Lainnya

Merupakan jenis motor yang dibuat hanya untuk keperluan balapan. Oleh karena itu pada bagian joknya dibuat berbeda, yaitu mengutamakan kenyamanan penggunanya. Bentuk joknya sendiri posisinya menukik dan ada banyak fairing demi melindungi badan pengendara.

Bagian footstepnya dibuat lebih tinggi demi menciptakan ruang agar mudah memiringkan badan ketika menikung. Stang yang digunakan berjenis jepit atau clip on dan dipasang pada shock depan.

Ada dua jenis sportbike yaitu superbike yang kapasitas mesinnya 1000 cc dan supersport yang kapasitasnya 600 cc. Beberapa contoh motor ini adalah Suzuki Hayabusa dan Suzuki GSX-R750.

    3.Sport Touring

Awal mula motor ini adalah dari pengendara di Eropa yang sering melakukan perjalanan jauh. Karakternya sendiri adalah nyaman digunakan untuk perjalanan jauh. Didesain sebagai motor yang fairing dan suspensi agak keras.

Apabila dibandingkan dengan motor sport, maka perbedaan terbesar pada posisi pengendara dan juga aksesorisnya. Stang yang digunakan pada sport touring lebih tinggi dan jok yang lebar, jadi bisa digunakan untuk berboncengan dan tidak pegal.

Pada bagian tengah motor terdapat tambahan boks yang digunakan untuk menyimpan perbekalan selama perjalanan. Jenis jenis motor yang termasuk varian ini adalah Suzuki V-Strom 250.

    4.Naked Bike

Disebut juga dengan kendaraan tanpa fairing, yang dulunya termasuk dalam motor balap. Desainnya sangat sederhana di mana mesin hanya tertutup sedikit bagian rangka. Walaupun motor ini tampak terbuka namun sangat nyaman digunakan perjalanan jarak jauh.

Tujuannya adalah untuk kendaraan sehari-hari, namun mesin yang digunakan sangat cepat dengan tambahan rem dan suspensi seperti motor sport. Dilihat dari segi desainnya juga tampak lebih kekar dan agresif.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya