Tips & Trik

Penyebab Kampas Ganda Motor Matic Habis Sebelah

PUBLISHED DATE : 28 Februari 2022

156788116 S

Pilihlah kopling dengan jenis bahan rockwool yang dapat menghasilkan performa yang maksimal.

Selain itu, kampas kopling dengan bahan ini lebih tahan terhadap suhu tinggi dan kuat terhadap gesekan. Ketika memilih untuk menggunakan kopling bahan ini, Anda tidak perlu khawatir saat mesin bekerja keras.

  • Jangan Membawa Beban yang Terlalu Berat saat Berpergian

Saat Anda ingin bepergian dengan jalanan yang menanjak, usahakan untuk tidak membawa beban berat.

Cara ini bisa mencegah duo unit kopling cepat habis sebelah. Hal ini karena membawa beban berat dengan kondisi jalanan tanjakan bisa berpengaruh, misalnya kampas menjadi aus, dan lainnya.

Ciri-ciri Kampas Ganda Motor Matic Habis

Jika Anda merasakan ciri-ciri berikut, menandakan bahwa kampas kopling motor matic Anda habis (aus).

Sehingga, kendaraan bisa segera dibawa ke bengkel resmi Suzuki agar mendapatkan penanganan dan performa motor matic kembali bagus. Berikut ulasan mengenai tanda kampas kopling habis.

  • Tarikan Awal Berat

Tarikan awal motor matic yang terasa berat bisa menjadi tanda-tanda bahwa kampas kopling motor matic Anda habis. Akselerasi awal motor yang tidak responsif, menjadi dugaan bahwa kampas kopling yang aus.

Baca Juga : Ini Dia Perkiraan Biaya Turun Mesin Motor

__________________________________________________________________________________________________

  • Getaran yang Terjadi di Area CVT

Ciri - ciri lain yang menandakan bahwa kampas kopling habis adalah getaran pada CVT. Kampas yang menipis dan tidak bisa menempel dengan baik di wadahnya, bisa menimbulkan getaran di CVT. Jika tanda tersebut Anda rasakan pada motor matic, segeralah bawa ke bengkel resmi.

  • Rotasi Per Menit (RPM) Tiba-Tiba Menjadi Meningkat

Putaran mesin yang tinggi juga menjadi tanda dari menipisnya kampas motor matic. Perputaran mesin yang semakin meningkat tidak terjadi secara otomatis, hal tersebut disebabkan oleh akselerasi yang melemah dan juga kondisi kampas ganda yang mulai licin.

  • Kick Starter Loss

Tanda dari menipisnya kampas pada motor matic adalah saat Anda menginjak kick starter tetapi terasa loss.

Hal ini menunjukkan gejala dari habisnya kampas. Jika kondisi seperti ini terjadi berulang-ulang, maka jangan menunda-nunda lagi untuk membawanya ke bengkel resmi untuk dibenahi yang rusak.

Itulah beberapa penyebab kampas ganda motor matic habis sebelah dan sedikit ulasan seputar perawatan dan tips agar kampas tidak cepat habis atau termakan setengah.

Anda bisa mereparasi dan membeli kampas ganda di bengkel Suzuki terdekat, agar berkendara Anda berjalan lancar dan aman.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya