Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

Cara membersihkan mesin motor tidak boleh sembarangan, demikian juga dalam membersihkan blok mesinnya sehingga bisa benar-benar bersih dan aman.

Bagaimana cara membersihkan mesin motor yang paling tepat? Pertanyaan semacam ini mungkin banyak disampaikan oleh orang-orang yang memiliki sepeda motor, namun takut kalau mencucinya, mesinnya nanti malah akan rusak.

Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak dimiliki berbagai kalangan. Tentu saja, setelah digunakan, motor perlu dibersihkan mesinnya secara berkala.

Nah, berikut ini beberapa cara dan tips membersihkan mesin serta blok motor yang bisa Anda terapkan.

Cara yang Bisa Diterapkan dalam Membersihkan Mesin Motor

Mesin motor yang bersih akan menghadirkan kenyamanan bagi para penggunanya. Apalagi jika kebersihannya terjaga, tidak akan ada kotoran membandel yang dapat menyebabkan mesin berkarat. Berikut cara yang dapat dipraktekkan untuk membersihkan mesin motor.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Solar atau Bensin

Solar dan bensin dikenal sebagai bahan bakar mesin kendaraan. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya solar dan bensin juga merupakan salah satu cairan pembersih mesin motor yang sangat ampuh.

Apalagi jika kotoran yang menempel pada mesin sangat membandel, solar atau bensin tersebut dengan cepat mengangkat segala kotoran yang tidak dapat dibersihkan menggunakan deterjen atau shampo.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokkan solar atau bensin menggunakan sikat gigi atau kuas ke mesin motor. Semua kotoran akan langsung terangkat, lalu bersihkan menggunakan air. Jika sudah, kemudian lap menggunakan kanebo.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cairan yang sangat mudah digunakan dan didapatkan untuk membersihkan mesin motor selanjutnya adalah sabun yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring. Nah, diantara merk yang bisa Anda gunakan disini seperti Mama Lime, Sunlight, dan sejenisnya.

Sabun cuci piring dapat membersihkan noda membandel, sehingga cairan ini akan sangat tepat Anda gunakan untuk mencuci motor sampai mesin-mesinnya.

Cara penerapannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan sabun dengan sedikit air.

Usap-usapkan ke seluruh bagian motor termasuk mesinnya menggunakan lap atau kuas pada bagian yang sulit dijangkau. Setelah itu, bilas motor menggunakan air hingga bersih dan keringkan dengan kanebo.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Asam Cuka

Asam cuka memiliki kemampuan menghilangkan karat yang menempel pada besi. Oleh karena itu, asam cuka ini bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor. Namun, sebelum digunakan untuk membersihkan mesin motor, asam cuka harus dilarutkan dalam sedikit air.

Larutan asam cuka tersebutlah yang akan digunakan membersihkan mesin dengan sikat gigi bekas. Gosok-gosok seluruh bagian mesin sampai kotorannya terangkat, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

Ketika menggunakan larutan asam ini sebagai pembersih motor, Anda sebenarnya harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan asam cuka mengandung zat yang dapat membuat cat body motor rusak.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Pembersih WC

Cairan pembersih mesin motor yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan WC.

Pembersih WC dirasa sangat ampuh dibanding dengan deterjen lainnya, karena dapat membersihkan kerak atau kotoran yang membandel.

Cara membersihkan mesin motor dengan cairan yang satu ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencelupkan sikat gigi bekas maupun kuas ke cairan pembersih WC, kemudian menggosokkannya ke bagian mesin motor sampai kotorannya terangkat.

Setelah semua kotoran pada mesin terangkat, bersihkan menggunakan air dan lap dengan kanebo. Perlu Anda perhatikan, cairan ini akan terasa panas saat bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ya.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Amplas

Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor adalah dengan mengamplasnya. Mengamplas bagian mesin yang berkarat ini bisa jadi pilihannya ketika motor Anda telah lama tidak digunakan dan tidak dibersihkan pula, sehingga kotorannya sangat membandel dan sulit dihilangkan.

Mengamplas mesin tersebut akan membuat proses pembersihannya semakin mudah. Namun, cara mengamplasnya juga harus hati-hati. Jangan sampai membuat body motor lecet dan memperburuk keadaan dalam prosesnya.

Cara Membersihkan Blok Motor

cara_membersihkan_blok_motor

Akibat terlalu fokus memperhatikan bodi motor, banyak orang lupa memperhatikan blok mesinnya. Jika body motornya bersih namun blok mesinnya kotor, penampilannya pun juga tidak akan nyaman dipandang. Berikut pemaparan tentang cara membersihkan blok motor yang bisa Anda coba.

  • Siapkan Berbagai Alat yang Akan Digunakan

Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan blok motor adalah menyiapkan semua alat yang akan digunakan. Alat-alat yang perlu Anda siapkan adalah sikat gigi bekas atau kuas, wadah berukuran sedang, cairan pembersih, amplas, kanebo dan air.

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai ada yang terlewat agar Anda tidak perlu wira-wiri lagi ketika sedang membersihkan blok mesin.

  • Cucilah Motor Terlebih Dahulu

Setelah seluruh peralatan untuk membersihkan mesin motor telah siap, selanjutnya cuci motor Anda terlebih dahulu. Cuci bersih seluruh body motor dari debu, pasir, bahkan lumpur sampai semuanya hilang. Pastikan tidak ada bagian yang terlewat.

  • Campur Cairan Pembersih Mesin

Jika motor Anda sudah dalam keadaan bersih, tugas selanjutnya adalah membersihkan bagian blok mesin motornya. Namun, sebelum Anda mulai membersihkan blok mesin motor, terlebih dahulu campurkan cairan yang nanti akan digunakan.

Cairan yang bisa Anda campurkan yaitu bensin dan deterjen yang biasa digunakan untuk mencuci piring. Campuran dari kedua cairan tersebut dipercaya ampuh membersihkan noda-noda membandel pada blok mesin.

  • Bersihkan Seluruh Bagian Blok Mesin

Cara membersihkan blok motor yang baik dan benar adalah menggunakan kuas atau sikat gigi bekas. Gosok-gosokkan kuas tersebut ke seluruh blok mesin sampai bagian-bagian terpencilnya. Pastikan cairan pembersih tersebut masuk ke sela-sela mesin.

Nah, jika seluruh bagiannya telah tersapu oleh kuas, diamkan beberapa menit dan coba bilas menggunakan air. Jika kotoran masih membandel, ulangi cara tersebut sampai seluruh kotoran benar-benar terangkat.

Namun, ketika Anda membersihkan blok mesin, jangan sampai cairan tersebut mengenai bagian bodi motornya. Hal tersebut harus sangat diperhatikan karena cat motor dapat terkelupas.

  • Bersihkan Menggunakan Air Bersih

Setelah semua cara di atas telah Anda lakukan, selanjutnya tinggal membersihkan semua cairan pembersih tersebut menggunakan air bersih. Semprotkan ke seluruh bagian blok mesin sampai semuanya bersih. Jika belum bersih, ulangi langkahnya dari awal

  • Amplas Karat Yang Sulit Dibersihkan

Dalam hal ini, lain lagi jika ada karat maupun noda yang membandel dan benar-benar sulit dibersihkan, meskipun Anda telah mengulangi cara-cara di atas. Jika ini terjadi, maka yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan mengamplas bagian yang berkarat.

Cara mengamplasnya juga tidak boleh terlalu kuat, agar tidak meninggalkan bekas goresan pada blok mesin.

Selain itu, cara mengantisipasi goresan tersebut adalah dengan mencelupkan amplas ke cairan pembersih terlebih dahulu sebelum digunakan. Kemudian, bilas untuk terakhir kalinya.

Cara membersihkan mesin motor sangat mudah bukan? Agar motor dan seluruh bodynya terlihat lebih mengkilap, poles perlahan menggunakan lap bersih dan berbahan halus setelah seluruh bagiannya selesai dibersihkan.

 

Berita Lainnya