Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

https://www.suzuki.co.id/uploads/news/cara_membersihkan_mesin_motor.jpg

Cara membersihkan mesin motor tidak boleh sembarangan, demikian juga dalam membersihkan blok mesinnya sehingga bisa benar-benar bersih dan aman.

Bagaimana cara membersihkan mesin motor yang paling tepat? Pertanyaan semacam ini mungkin banyak disampaikan oleh orang-orang yang memiliki sepeda motor, namun takut kalau mencucinya, mesinnya nanti malah akan rusak.

Motor merupakan salah satu kendaraan yang banyak dimiliki berbagai kalangan. Tentu saja, setelah digunakan, motor perlu dibersihkan mesinnya secara berkala.

Baca Juga : Motor Injeksi Tidak Perlu Dirawat, Yakin?

Nah, berikut ini beberapa cara dan tips membersihkan mesin serta blok motor yang bisa Anda terapkan.

Cara yang Bisa Diterapkan dalam Membersihkan Mesin Motor

Mesin motor yang bersih akan menghadirkan kenyamanan bagi para penggunanya. Apalagi jika kebersihannya terjaga, tidak akan ada kotoran membandel yang dapat menyebabkan mesin berkarat. Berikut cara yang dapat dipraktekkan untuk membersihkan mesin motor.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Solar atau Bensin

Solar dan bensin dikenal sebagai bahan bakar mesin kendaraan. Namun, siapa sangka bahwa sebenarnya solar dan bensin juga merupakan salah satu cairan pembersih mesin motor yang sangat ampuh.

Baca Juga : Ini Bahayanya Memakai Peninggi Shock Breaker Sepeda Motor

Apalagi jika kotoran yang menempel pada mesin sangat membandel, solar atau bensin tersebut dengan cepat mengangkat segala kotoran yang tidak dapat dibersihkan menggunakan deterjen atau shampo.

Cara mengaplikasikannya juga cukup mudah. Anda hanya perlu menggosokkan solar atau bensin menggunakan sikat gigi atau kuas ke mesin motor. Semua kotoran akan langsung terangkat, lalu bersihkan menggunakan air. Jika sudah, kemudian lap menggunakan kanebo.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Sabun Cuci Piring

Cairan yang sangat mudah digunakan dan didapatkan untuk membersihkan mesin motor selanjutnya adalah sabun yang biasa Anda gunakan untuk mencuci piring. Nah, diantara merk yang bisa Anda gunakan disini seperti Mama Lime, Sunlight, dan sejenisnya.

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Melihat Nomor Rangka Motor

Sabun cuci piring dapat membersihkan noda membandel, sehingga cairan ini akan sangat tepat Anda gunakan untuk mencuci motor sampai mesin-mesinnya.

Cara penerapannya juga sangat mudah. Anda hanya perlu mencampurkan sabun dengan sedikit air.

Usap-usapkan ke seluruh bagian motor termasuk mesinnya menggunakan lap atau kuas pada bagian yang sulit dijangkau. Setelah itu, bilas motor menggunakan air hingga bersih dan keringkan dengan kanebo.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Asam Cuka

Asam cuka memiliki kemampuan menghilangkan karat yang menempel pada besi. Oleh karena itu, asam cuka ini bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor. Namun, sebelum digunakan untuk membersihkan mesin motor, asam cuka harus dilarutkan dalam sedikit air.

Larutan asam cuka tersebutlah yang akan digunakan membersihkan mesin dengan sikat gigi bekas. Gosok-gosok seluruh bagian mesin sampai kotorannya terangkat, kemudian bilas menggunakan air sampai bersih.

Ketika menggunakan larutan asam ini sebagai pembersih motor, Anda sebenarnya harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan asam cuka mengandung zat yang dapat membuat cat body motor rusak.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Pembersih WC

Cairan pembersih mesin motor yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan WC.

Pembersih WC dirasa sangat ampuh dibanding dengan deterjen lainnya, karena dapat membersihkan kerak atau kotoran yang membandel.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya