Tips & Trik

Begini Cara Membersihkan Mesin Motor yang Tepat

PUBLISHED DATE : 23 November 2020

Cara Membersihkan Mesin Motor

Cairan pembersih mesin motor yang bisa Anda gunakan selanjutnya adalah cairan yang biasa digunakan untuk membersihkan WC.

Pembersih WC dirasa sangat ampuh dibanding dengan deterjen lainnya, karena dapat membersihkan kerak atau kotoran yang membandel.

Cara membersihkan mesin motor dengan cairan yang satu ini juga cukup mudah. Anda hanya perlu mencelupkan sikat gigi bekas maupun kuas ke cairan pembersih WC, kemudian menggosokkannya ke bagian mesin motor sampai kotorannya terangkat.

Setelah semua kotoran pada mesin terangkat, bersihkan menggunakan air dan lap dengan kanebo. Perlu Anda perhatikan, cairan ini akan terasa panas saat bersentuhan dengan kulit. Oleh karena itu, Anda harus berhati-hati ya.

  • Membersihkan Mesin Menggunakan Amplas

Cara lain yang bisa digunakan untuk membersihkan mesin motor adalah dengan mengamplasnya. Mengamplas bagian mesin yang berkarat ini bisa jadi pilihannya ketika motor Anda telah lama tidak digunakan dan tidak dibersihkan pula, sehingga kotorannya sangat membandel dan sulit dihilangkan.

Baca Juga : Tidak Sulit, Ini Cara Mengganti Minyak Rem Motor

Mengamplas mesin tersebut akan membuat proses pembersihannya semakin mudah. Namun, cara mengamplasnya juga harus hati-hati. Jangan sampai membuat body motor lecet dan memperburuk keadaan dalam prosesnya.

Cara Membersihkan Blok Motor

cara_membersihkan_blok_motor

Akibat terlalu fokus memperhatikan bodi motor, banyak orang lupa memperhatikan blok mesinnya. Jika body motornya bersih namun blok mesinnya kotor, penampilannya pun juga tidak akan nyaman dipandang. Berikut pemaparan tentang cara membersihkan blok motor yang bisa Anda coba.

  • Siapkan Berbagai Alat yang Akan Digunakan

Nah, langkah pertama yang harus Anda lakukan sebelum membersihkan blok motor adalah menyiapkan semua alat yang akan digunakan. Alat-alat yang perlu Anda siapkan adalah sikat gigi bekas atau kuas, wadah berukuran sedang, cairan pembersih, amplas, kanebo dan air.

Siapkan semua peralatan yang dibutuhkan. Usahakan jangan sampai ada yang terlewat agar Anda tidak perlu wira-wiri lagi ketika sedang membersihkan blok mesin.

  • Cucilah Motor Terlebih Dahulu
Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Tips Agar Bodi Motor Tak Kusam

Merawat motor kesayangan sudah menjadi sebuah kewajiban supaya motor tetap tampak kinclong. Menjaga cat bodi motor tidak berubah menjadi kusam seiring pemakaian juga penting untuk ...

selengkapnya