Tips & Trik

Mari Mengenal Fungsi Gas Spontan Lebih Dalam

PUBLISHED DATE : 04 Februari 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/12__gixxer_(1).jpg

Setiap kali ingin mendapatkan kecepatan tinggi ketika mengendarai sepeda motor maka grip gas harus diputar hingga mendalam. Namun berbeda dengan motor balap yang dilengkapi dengan gas spontan sehingga kecepatan bisa lebih tinggi tanpa perlu menarik grip terlalu dalam. 

Fungsi gas spontan pun kini tak hanya berguna bagi motor sport tetapi juga motor harian. Pemilik kendaraan mulai memodifikasi motornya untuk agar memiliki gas spontan ini. 

Namun sebelum Anda salah memasang gas spontan, sebaiknya kenali lebih dalam apa itu gas spontan. 

Baca Juga : Sudah Tahu? Ini Takaran Oli Shock Depan Motor

Apa Saja Fungsi Gas Spontan pada Sepeda Motor? 

Diameter grip motor standar biasanya kecil hal inilah yang membuat setiap pengendara harus memutar penuh grip jika ingin mencapai kecepatan tinggi. Berbeda dengan gas spontan yang ukuran diameternya lebih besar. 

Ukuran tersebutlah yang menjadikan fungsi gas spontan dapat bekerja dengan baik. Berkat diameter yang lebih besar itulah, maka putaran grip yang harus dilakukan bisa jadi lebih singkat. 

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

Walaupun putarannya tidak penuh tapi bisa membuka katup throttle secara singkat. Misalnya saja pada ukuran standar pabrik grip harus diputar sebanyak 60 derajat, namun jika menggunakan gas spontan pengemudi hanya perlu menarik 40 hingga 50 derajat saja. 

Hanya dalam waktu singkat, Anda bisa memperoleh putaran mesin yang lebih tinggi. Kecepatan pun akan meningkat tanpa harus berlama-lama dalam memutar grip. Tidak heran dulunya hanya motor balap atau sport saja yang menggunakan sistem ini. 

Hanya saja fungsi gas spontan ini salah diartikan untuk meningkatkan performa sepeda motor. Sehingga tidak sedikit orang yang memodifikasi grip dengan menggunakan gas spontan ini. 

Baca Juga : 10 Tips Membeli Motor Bekas agar Tidak Kecewa

Padahal persepsi tersebut justru salah karena walaupun sudah diubah, performa mesin akan tetap sama. Tidak ada perubahan peningkatan performa kendaraan karena fungsi utamanya adalah memperendek grip gas. 

Manfaat Menggunakan Gas Spontan 

Setelah mengetahui fungsi gas spontan Anda tentu penasaran dengan manfaat apa saja yang akan didapatkan.  Manfaat utama yang didapatkan adalah pergelangan Anda tidak akan mudah pegal. 

Anda yang setiap hari mengendarai motor dalam kecepatan tinggi pasti sering pegal karena harus menarik grip dalam-dalam. Jika sudah memasang gas spontan maka tidak perlu lagi khawatir tangan akan pegal. 

Khususnya jika Anda sering melalui jalanan macet di perkotaan, tidak perlu menarik terlalu dalam agar kendaraan berjalan. 

Manfaat yang lainnya adalah kecepatan tinggi bisa didapatkan dengan lebih cepat. Hanya dengan sepersekian detik saja Anda sudah bisa mendapatkan kecepatan tinggi yang diinginkan. 

Apabila Anda sering melewati jalan luar kota, gas spontan ini akan membantu Anda cepat sampai lokasi tujuan. 

Hal yang Wajib Diperhatikan Sebelum Menggunakan Gas Spontan 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya