Tips & Trik

Wajib Tahu, Ini Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

PUBLISHED DATE : 14 Maret 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/pengendara_motor.jpg

Motor yang nyaman dikendarai bukan soal jok yang lebar saja, tetapi juga kondisi stang. Stang motor harus seimbang dan stabil, apalagi jika sering digunakan pada jalanan yang rusak.

Kondisi dari stang ini dipengaruhi oleh banyak bagian, dan jika ada salah satu bagiannya yang rusak maka stang motor bisa goyang. Ada beberapa penyebab dan cara memperbaiki stang motor goyang yang bisa Anda cek terlebih dahulu.

Mengetahui penyebabnya memudahkan Anda untuk mengetahui bagaimana cara untuk memperbaiki nantinya di bengkel. Jangan biarkan stang motor goyang saat berkendara, karena bisa mengakibatkan kecelakaan.

penyebab_stang_motor_goyang

Baca Juga : Mengenal Jenis Komponen Suspensi Sepeda Motor & Fungsinya

Penyebab dan Cara Memperbaiki Stang Motor Goyang

Motor yang dikendarai setiap hari dengan rutin bisa saja mengalami kerusakan pada beberapa bagian. Kerusakan tersebut bisa menimbulkan stang motor goyang. Hal ini merupakan hal yang umum dan ketika terjadi jangan panik.

Apabila Anda mengalami masalah ini, ada beberapa penyebab yang bisa di cek terlebih dahulu. Sebaiknya jangan teruskan berkendara supaya tidak terjadi kecelakaan. Cek beberapa kondisi berikut ini yang bisa jadi penyebab stang motor goyang.

Baca Juga : Kapan Ganti Oli yang Tepat untuk Motor yang Jarang Dipakai?

Kondisi ban yang sudah buruk

Ban adalah bagian dari motor yang sangat penting. Ketika ban kempes atau bocor dan terus digunakan untuk berjalan, bisa merusak kondisi velg termasuk stang motor. Kondisi ban yang sudah tidak layak digunakan ada beberapa jenis.

Pertama, terdapat beberapa benjolan yang diakibatkan karena terlalu sering berbenturan dengan jalan rusak dan ban sudah tipis. Kedua adalah ban kempes, baik itu karena bocor atau kurangnya tekanan angin.

Baca Juga : Motor Matic Kena Banjir? Segera ke Bengkel!

Ban yang kempes akan menimbulkan ketidakstabilan pada stang motor. Ketiga adalah ukuran ban yang tidak tepat dengan velg motor. Ketika ukurannya lebih kecil, maka kestabilan stang saat melewati jalan rusak akan berkurang.

Cara memperbaiki stang motor goyang yang diakibatkan oleh ban adalah menggantinya dengan yang baru. Pastikan ukuran ban dengan velg sesuai standar pabrikan dan jangan beli ban bekas. Belilah ban baru yang kondisinya masih bagus, tidak terlalu tipis sehingga kuat.

Jangan lupa juga untuk memastikan angin pada kendaraan memiliki tekanan yang pas. Ban kempes atau juga terlalu keras membuat stang tidak stabil. Sehingga mengganggu kenyamanan saat berkendara.

Kondisi velg yang rusak

Penyebab kedua bisa juga berasal dari velg motor. Ada beberapa kondisi velg yang membuat stang motor jadi goyang. Pertama adalah velg bengkok karena sebelumnya motor pernah terjatuh atau mengendarai dalam kondisi ban kempes.

Kedua adalah karena velg retak yang membuat kondisinya tidak stabil ketika berjalan. Ada cara yang bisa digunakan untuk melihat kondisi velg ini. Standarkan motor dengan standar dua, kemudian putar roda dan lihat dari arah depan atau belakang.

Apabila velg yang berputar terlihat bergoyang artinya ada masalah pada velg, entah itu karena retak atau bengkok. Jalan satu-satunya untuk mengatasi masalah velg adalah dengan menggantinya yang baru.

Anda tidak bisa mempertahankan dan menggunakan velg bengkok atau hanya dengan menambal bagian retakan. Jangan lupa juga untuk tetap menggunakan velg yang ukurannya tepat.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya