Tips & Trik

Soket USB Charger di Motor Terkena Air? Jangan Panik, Ini Tipsnya!

PUBLISHED DATE : 13 September 2019

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Soket-USB-Charger-di-Motor-Terkena-Air-Jangan-Panik-Ini-Tipsnya.png

Bertujuan untuk mengisi daya smartphone atau gadget yang saat ini hampir semua orang memilikinya, beberapa sepeda motor sudah dilengkapi dengan USB Charger. Karena dianggap penting, soket pengisi daya ini sudah menjadi fitur wajib bagi kebanyakan sepeda motor masa kini. Bahkan karena dirasa sangat penting, sebagian pemilik motor  ada yang memasang soket charger sendiri jika sepeda motor yang dibelinya belum memiliki fitur USB Charger, demi kebutuhan pengisi daya smartphone miliknya.

Berguna memang, tapi kekhawatiran yang sering dirasakan oleh para pengendara adalah  apakah soket charger tersebut aman digunakan ketika terkena air? 

Jawabannya adalah kita sebaiknya harus tahu dahulu sebanyak apa air yang masuk. Air tersebut cuma cipratan saja atau sampai merendam soket charger. Bila air cipratan biasanya tidak akan menyebabkan terjadinya korsleting listrik. Tapi jika soketnya terendam dengan air sudah pasti akan terjadi korsleting.

Baca Juga : Mengenal Faktor Mesin Sepeda Motor Over Heat

Namun Anda tidak perlu terlalu khawatir, jika terjadi korslet karena USB charger kemasukan air, komponen kelistrikan yang lain bisa dipastikan aman. Terlebih jika soket charger tersebut adalah bawaan dari pabrikan. Korslet itu cuma akan menyebabkan putusnya sekring yang terpasang untuk charger itu. Jadi Anda cuma perlu mengganti sekring tersebut dengan yang baru, dan soket charger sudah bisa dipakai kembali.

Nah untuk Anda yang memang memasang aksesoris tambahan charger tersebut, pastikan tambahkan sekring pada rangkaian kelistrikannya dan satu hal yang harus diperhatikan dan menjaga adalah jangan sampai soket charger tidak terkena atau kemasukan air lagi. 

Jika Anda ingin informasi lebih jelas tentang hal ini, Anda bisa menanyakannya langsung kepada mekanik Suzuki yang ada di bengkel resmi Suzuki. Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa)

Baca Juga : Jangan Buru-Buru, Pelajari Apa Itu Press Velg Motor

Halaman 1 Tampilkan Semua

Berita Lainnya