Tips & Trik

Ternyata Ini Fungsi dan Komponen Armature Pada Motor

PUBLISHED DATE : 16 Agustus 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/armature.jpg

Motor starter diciptakan untuk mempermudah kendaraan saat dinyalakan. Alat yang juga disebut dengan dinamo starter ini digunakan pada kendaraan dan memiliki beberapa komponen lain di dalamnya. 

Salah satu komponen motor starter adalah armature yang memiliki peran sangat besar dan penting. Armature adalah komponen yang berbentuk kumparan jangkar. Selain itu, komponen ini juga memiliki beberapa komponen pembangun lainnya. 

Sebagai pemilik kendaraan Anda perlu tahu apa fungsi dari armature dan bagaimana cara kerja serta komponen penting di dalamnya. 

Apa itu Armature pada Motor dan Fungsinya 

Baca Juga : Ternyata Ini Perbedaan Aki Kering dan Basah Pada Motor

Armature sendiri merupakan istilah yang digunakan dalam bidang listrik dan ditemukan dari pertengahan abad ke 19. Dulunya alat ini diciptakan untuk menjaga sebuah magnet. Kini armature digunakan pada motor starter. 

Armature motor adalah sebuah komponen yang digunakan untuk menghasilkan daya dari mesin listrik. Nantinya komponen ini akan membangkitkan gerak daya putar yang disebabkan perbedaan arah gaya gerak listrik. Arah gerak tersebutlah yang nantinya ditimbulkan dari kumparan medan. 

Secara fungsi, armature adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi gerak atau mekanik berkat gerak putar. Apabila dilihat dari cara kerjanya, aki akan mengalirkan energi listrik ke armature. 

Baca Juga : 7 Cara Memilih Ban motor Matic Tubeless Berkualitas Agar Awet

Nantinya armature akan mengubah arus listrik tersebut menjadi medan magnet yang berasal dari kumparan armature. Medan magnet yang diciptakan ini akan saling bereaksi dan saling menolak sehingga pada akhirnya menciptakan gerakan berputar. 

Putaran yang dihasilkan armature sendiri bisa kencang dan tidak tergantung pada jumlah kumparan. Pada sebuah armature terdapat kumparan yang dililitkan dan jumlahnya memiliki pengaruh besar terhadap kecepatan gaya gerak. 

Armature memiliki banyak sekali komponen pembangun yang nantinya akan membantu kinerjanya lebih baik. Sehingga motor ketika distarter akan langsung menyala. Berikut ini penjelasan mengenai apa saja komponen pembentuk sekaligus fungsinya. 

Komponen-Komponen Penyusun Armature

Baca Juga : Apa Itu Sunmori dan Istilah Para Rider Lainnya

Motor starter yang tidak memiliki komponen armature akan membuat motor tidak bisa dinyalakan. Selain itu jika daya putarnya melemah, maka proses ketika motor dinyalakan akan sangat sulit. 

Anda pun harus menggunakan kick starter untuk bisa menyalakan kendaraan. Dalam sebuah armature terdapat empat jenis komponen pembangun yang sangat penting. Setiap komponen memiliki fungsi penting dalam mengubah energi menjadi gaya gerak. 

Apa saja masing-masing komponennya lengkap dengan fungsinya. Berikut ini komponen yang bisa dipelajari. 

  1. Poros Armature 

Jenis komponen yang pertama ini disebut dengan poros armature atau shaft armature. Semua armature memiliki poros yang fungsinya adalah sebagai tempat untuk memasang seluruh komponen armature lainnya. 

Disebut dengan armature karena bagian ini akan menyalurkan tenaga putar yang telah dihasilkan oleh lilitan kumparan armature. Bagian poros ini juga akan berputar ketika lilitan sudah memiliki daya putar. 

Supaya bagian poros ini tidak rusak atau mampu berputar dengan kekuatan penuh, maka pada bagian ujung-ujungnya ditahan oleh bearing. Adanya penahan ini akan membuat komponen armature secara keseluruhan dapat berputar secara stabil di antara field coil. 

    2. Kumparan Armature

Jenis komponen yang kedua ini berupa lilitan dari bahan kawat tembaga, oleh sebab itulah disebut dengan kumparan. Letaknya sendiri mengelilingi poros armature di bagian tengah. Jumlahnya sangat banyak dan pada ujung kawat ini terhubung ke komutator.  

Lilitan kawat tembaga dibuat sangat rapi walaupun jumlahnya sangat banyak. Jumlah yang banyak ini bertujuan supaya tenaga putaran yang dihasilkan armature lebih kuat. Selain itu lilitan juga dibuat rapi supaya tenaga gerak jadi lebih stabil. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya