Tips & Trik

Harus Tahu, Ini Cara Mengurus STNK Hilang dan Biayanya

PUBLISHED DATE : 29 Oktober 2023

23  XL7 (2)

Lalu, bagaimana cara mengurus STNK yang hilang atas nama orang lain, misalnya keluarga atau teman? Untuk kasus tersebut, Anda bisa mengikuti panduan berikut:

  • Buat Laporan Kehilangan

Pertama-tama, buat laporan kehilangan STNK tersebut di kantor polisi setempat. Saat membuat laporan, biasanya pelapor perlu memberikan surat pengantar dari desa atau area tempat tinggal dan fotokopi STNK yang hilang jika ada.

  • Legalisir Fotokopi BPKB

Legalitas kendaraan harus divalidasi dengan BPKB yang sah. Jika BPKB masih di tangan pihak leasing karena kendaraan masih dalam pembayaran kredit, Anda perlu menghubungi pihak leasing tersebut dan meminta legalisir fotokopinya.

Jika BPKB masih di pihak leasing, Anda juga perlu memiliki surat keterangan dari leasing yang menyatakan bahwa kendaraan tersebut belum lunas dan masih dalam kepemilikan leasing. Ini penting untuk membuktikan kepemilikan sah kendaraan.

  • Siapkan Surat Pernyataan dan Surat Kuasa

Selanjutnya, siapkan surat pernyataan dan surat kuasa yang menyatakan bahwa pemilik kendaraan memberikan kuasa kepada Anda untuk mengurus penggantian STNK yang sudah ditandatangani pemilik asli beserta materai.

  • Isi Formulir dan Surat Pernyataan

Terakhir, isi formulir yang disediakan oleh kantor SAMSAT dengan lengkap. Adapun prosedur setelah ini kurang lebih sama dengan proses pengurusan STNK yang hilang pada umumnya.

Pertanyaan Seputar Cara Mengurus STNK Hilang

Baca Juga : 10 Cara Efektif Jual Mobil Bekas dengan Harga Kompetitif

Mengurus STNK yang hilang memang merupakan perkara yang membingungkan bagi sebagian orang. Oleh karena itu, berikut adalah beberapa pertanyaan umum yang sering diajukan dan jawabannya:

  • Bagaimana Cara Mengurus STNK yang hilang tapi tidak ada fotokopi STNK?

Jika tidak memiliki fotokopi, Anda tetap bisa mengurus penggantian STNK dengan memberikan nomor serinya kepada pihak berwenang. Jadi, sebaiknya selalu siapkan fotokopi STNK untuk berjaga-jaga.

  • Bagaimana Cara Mengurus STNK yang Hilang tanpa KTP Pemilik Asli?

Kurang lebih, cara dan tahapannya sama dengan prosedur biasa. Bedanya, Anda harus segera melakukan proses balik nama, dan harus tetap membuat surat pernyataan disertai surat kuasa dari pemilik asli atau pemilik sebelumnya.

Jadi, selalu simpan dokumen penting seperti STNK dan BPKB di tempat yang aman untuk mencegah masalah STNK hilang. Sebab, surat-suratan yang tidak lengkap bisa membuat Anda ditilang saat berkendara di jalan raya.

Apakah informasi ini berguna bagi Anda? Jika demikian, maka temukan artikel-artikel seputar otomotif lainnya di sini!

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya