Tips & Trik

Begini Sejarah Awal dari Lampu Lalu Lintas

PUBLISHED DATE : 19 Juni 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/107505250_s.jpg

Jumlah kendaraan di seluruh dunia semakin hari semakin bertambah. Alat transportasi memang sangat berguna untuk membantu kelangsungan hidup manusia. Akan tetapi, secara tidak sadar hal ini menimbulkan permasalahan baru yakni terjadinya kemacetan, maka munculah lampu lalu lintas.

Alat ini merupakan salah satu solusi untuk mengatasi kemacetan yang banyak terjadi di seluruh dunia. Kini di seluruh dunia, khususnya wilayah perkotaan, lampu ini sendiri bisa ditemukan dengan mudah. Lalu bagaimana sejarahnya? Berikut ini merupakan ulasan sejarah dari alat tersebut.

Pengertian Lampu Lalu Lintas

Baca Juga : Kenali Lebih Dekat Palung Laut yang Terdalam di Dunia

Alat ini sering disebut APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) merupakan lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan. APILL juga terdapat di tempat penyeberangan pejalan kaki atau  zebra cross.

Lampu ini berguna untuk keamanan dan keselamatan masyarakat. Pengguna jalan raya harus memahami isyarat yang diberikan dari lampu ini jika ingin selamat saat berkendara.

Kendaraan dari berbagai arah harus berhenti dan berjalan secara bergantian sesuai dengan tanda yang diberikan lampu ini. Pengaturan lalu lintas saat berada di persimpangan jalan atau di zebra cross sangat berguna baik bagi pengendara maupun pejalan kaki.

Baca Juga : Apa Itu OTR dan Harga OTR Dalam Kredit Kendaraan?

Jika Anda adalah pengguna lalu lintas perkotaan, jangan sampai melanggar peraturan lalu lintas saat berkendara karena hal tersebut berbahaya. Kecelakaan sering terjadi akibat tidak mematuhi rambu lalu lintas. Akibat dari kecelakaan sendiri juga sangat fatal dari luka-luka hingga meninggal dunia.

Lampu ini telah diterapkan hampir di semua kota di seluruh dunia termasuk Indonesia. Tingginya angka kemacetan dan tingkat kecelakaan mengharuskan pemerintah menerapkan alat ini untuk pengamanan. Anda pasti juga dapat dengan mudah menemukan lampu ini di kota tempat tinggal.

Fungsi Lampu Lalu Lintas

Baca Juga : Tidak Sulit, Begini Cara Parkir Paralel Kendaraan yang Benar

33486595_s

Setiap benda pasti mempunyai fungsi masing-masing, begitu juga dengan lampu ini. Fungsi dari benda ini sangatlah penting bagi keselamatan pengendara maupun pejalan kaki. Pertama. fungsinya adalah untuk mengurangi tingkat kecelakaan akibat perbedaan arus jalan yang berakhir tabrakan.

Hal ini terbukti ada beberapa kasus kecelakaan yang terjadi akibat tidak mematuhi isyarat lampu ini. Sehingga, terjadilah kecelakaan yang merugikan diri sendiri dan orang lain.

Fungsi yang kedua adalah menghindari hambatan, sebab terdapat perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan yang terjadi.

Kemudian fungsi yang terakhir adalah untuk memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan yang melaju dan pejalan kaki. Hal ini dilakukan dengan jalan sekunder yang mengakibatkan kelancaran lalu lintas dapat terkontrol, begitu juga keselamatan pengguna jalan.

Lampu ini telah jelas bahwa membawa banyak manfaat yang akan di dapatkan ketika Anda mematuhi isyaratnya. Maka patuhilah isyarat yang diberikan lampu tersebut agar selamat saat berkendara di jalan raya. Apalagi bagi pengendara suzuki sangat dianjurkan untuk menaatinya.

Lampu Lalu Lintas Pertama

Kemacetan merupakan masalah yang sedang dihadapi di seluruh dunia, tidak hanya terjadi di Jakarta saja. Hal ini sering terjadi di kota-kota besar di seluruh dunia terutama di negara maju. Jumlah kendaraan yang terus bertambah dan kapasitas jalan yang tidak memadai mengakibatkan hal itu.

Halaman 1 2 Tampilkan Semua

Berita Lainnya