Tips & Trik

Polusi Kendaraan, Jangan Hanya Salahkan BBM!

PUBLISHED DATE : 09 Oktober 2019

Polusi Kendaraan Jangan Hanya Salahkan BBM

Pemakaian bahan bakar dengan oktan rendah seperti Pertalite atau Premium, tidak serta merta langsung menghasilkan gas buang yang buruk karena sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi sebuah mobil menghasilkan polusi udara. Salah satu faktor utamanya adalah perawatan kendaraan motor itu sendiri.

Walaupun memakai bahan bakar oktan tinggi seperti 92 kendaraannya tidak rutin servis berkala atau melakukan perawatan, hasilnya tetap saja pembakarannya tidak akan sempurna, akibatnya akan menghasilkan gas buang yang kotor sehingga menjadi polusi. Kita harus tahu bahwa gas buang yang dihasilkan dari sebuah mobil sangat tergantung dari bagaimana perawatannya.

Baca Juga : Ini Risiko Memakai Kompresor Saat Mengganti Oli

Jika mobil jarang servis berkala, maka secara otomatis gas buang yang keluar dari pipa knalpot lebih buruk jika dibandingkan dengan gas buang yang keluar dari pipa knalpot mobil yang rutin melakukan servis berkala. Faktor utama dalam menekan polusi udara pada mobil adalah pada proses pembakarannya. Makin sempurna pembakarannya, maka bisa dipastikan gas buang yang dihasilkan akan lebih minim kandungan karbon yang bisa menyebabkan polusi udara.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya