Tips & Trik

Ketahui Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/10803090_s.jpg

Beberapa orang mungkin masih belum mengetahui bahwa dalam mobil memiliki komponen yang disebut rocker arm.

Begitu pula dengan fungsinya, banyak yang belum memahami bagaimana fungsinya sehingga sering abai untuk memantau kondisinya. 

Komponen ini ditemui dalam mobil yang juga merupakan salah satu komponen penting untuk dirawat. Ulasan ini akan membahas tentang komponen ini dan bagaimana fungsinya. 

Baca Juga : Awas, Ini Efek Jika Oli Gardan Mobil Tidak Diganti Berkala

Hal ini dapat bermanfaat sebagai informasi agar lebih teliti dalam merawat mobil. Begini uraiannya.

Mengenal Rocker Arm

Rocker arm adalah salah satu komponen kepala silinder pada mobil. Komponen ini juga kerap disebut dengan pelatuk katup atau templar. Sesuai dengan namanya, komponen ini terletak pada bagian penggalan kepala silinder. 

Baca Juga : Banyak Yang Belum Tahu, Ini Fungsi Knalpot Sebenarnya

Lebih jelasnya, pelatuk katup ini terletak dalam sebuah shaft pada bagian penggalan kepala silinder. Shaft adalah bagian penghubung antara camshaft dengan katup. Melihat posisi komponen ini sebagai penghubung, maka fungsi pelatuk katup memang sangat vital.

Sebetulnya, komponen ini tidak dimiliki oleh semua jenis mobil. Beberapa jenis mobil yang paling mudah ditemui komponen pelatuk katupnya adalah mobil dengan jenis mesin OHV dan OHC.

Kedua mesin tersebut memanfaatkan keberadaan pelatuk katup untuk membuka celah katup buang dan hisap. 

Baca Juga : Apa Itu SWDKLLJ Pada STNK? Ini Fungsinya dan Cara Klaimnya

Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

103222181_s

Mesin OHV dan OHC menerapkan sistem valve train dalam penggunaannya. Inilah mengapa pelatuk katup diperlukan untuk dipasang pada bagian kepala silinder agar dapat difungsikan dengan maksimal. Berikut dibawah ini adalah berbagai fungsi rocker arm di mesin mobil.

Pelatuk Katup Mampu Menyetel Celah Katup

Berdasarkan letaknya, dapat diketahui bahwa fungsi rocker arm sangat beragam. Beberapa fungsinya dinilai sangat penting dalam melakukan langkah kerja pada mesin mobil. Hal tersebut karena fungsi utamanya adalah mampu menyetel celah katup.

Bagian shaft dengan katup merupakan sebuah celah yang perlu adanya kendali pada titik tersebut. Pengendalian ini perlu dilakukan otomatis karena tidak semua kegiatan mesin dapat dikendalikan melalui sistem kemudi. 

Pengguna akan tetap nyaman karena adanya pelatuk katup yang dapat menyetel celah katup dengan maksimal. Komponen ini akan menyesuaikan dengan nilai spesifikasi yang diperlukan jika klep pada mesin mobil masih belum disetting dengan baik.

Ujung katup pada templar akan menyesuaikan bukaan katup yang terjadi. Hal ini bertujuan agar bukaan dapat terbentuk dengan sempurna, tidak terlalu besar maupun kecil, sehingga fungsi penghisapan dapat berjalan lancar.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya