Tips & Trik

Ketahui, Ini Macam Macam Alat Ukur Mekanik & Fungsinya

PUBLISHED DATE : 21 Maret 2022

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/156062910_s.jpg

Alat ukur mekanik adalah alat yang biasanya digunakan untuk memperoleh ukuran benda yang akan atau sedang digunakan secara mekanik.

Biasanya, alat ukur ini digunakan untuk mengukur kedalaman, panjang, diameter, dan lebar, atau bisa diartikan juga sebagai alat untuk mengukur dimensi benda.

Banyak macam-macam alat ukur mekanik yang dirancang atau digunakan untuk berbagai pengukuran.

Baca Juga : Apa keunggulan dari mobil hybrid?

Macam Macam Alat Ukur Mekanik

Bentuknya juga berbeda-beda, sesuai dengan fungsinya. Berikut adalah beberapa contoh alat ukur yang digunakan secara mekanik.

Mistar Baja

Baca Juga : Ayo Mengenal Macam dan Fungsi Sabuk Pengaman Mobil

Alat pertama yang biasanya digunakan adalah mistar baja, atau yang lebih sering didapatkan di toko alat tulis. Biasanya juga sering dikenal oleh siswa sekolah sebagai penggaris besi. Penggaris ini, selain digunakan dalam dunia pertukangan, juga digunakan untuk anak sekolah.

Fungsi dari mistar baja ini adalah untuk mengukur kedalaman, panjang, tinggi, dan lebar dari suatu benda. Kemudian, tingkat ketelitiannya biasanya mencapai 1 mm atau bisa juga 0,5 mm. Dibalik alat ini masih disematkan ukuran inchi. Ukuran panjangnya juga bervariasi, mulai 30 cm sampai 50 cm.

Cek juga alat ukur mekanik berupa busur derajat di halaman selanjutnya.

Baca Juga : Tips Pintar Memilih Jaket Riding

__________________________________________________________________________________________________

Busur Derajat (Protractor)

Alat ukur mekanik selanjutnya adalah busur derajat yang bisa disebut juga dengan protractor. Busur ini menyerupai setengah lingkaran dan menyerupai potongan logam yang panjang dan lurus. Kemudian, potongan tersebut disambungkan dengan bagian yang berbentuk setengah lingkaran.

Jadi, dengan menggabungkan kedua bentuk tersebut, busur derajat ini bisa Anda gunakan untuk mengukur dimensi benda. Busur jenis ini lebih sering digunakan untuk mendapatkan ukuran sudut dari suatu benda karena penggunaannya yang sangat mudah. 

Penggaris Gulung (Measuring Tape)

Penggaris gulung atau measuring tape ini lebih sering ditemukan pada industri yang bergelut pada pengolahan kayu. Sama-sama alat ukur, bentuk dan bahan pembuatnya cukup berbeda. Perbedaannya adalah mistar dibuat dari besi, sedangkan penggaris gulung dibuat dari bahan pita baja.

Penggaris gulung biasanya memiliki ukuran yang bervariasi dengan panjang yang berbeda. Diantaranya adalah 2 m atau 2000 m, kemudian juga ada yang sampai dengan 15 m.

Penggaris ini sering digunakan di industri kayu dan ketika membangun rumah karena penggunaannya yang sangat mudah dan fleksibel.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Blog-25.jpg

Apa keunggulan dari mobil hybrid?

Mobil hybrid saat ini sedang naik daun dan jadi topik pembicaraan para pecinta otomotif. Mobil ini adalah kendaraan yang tenaganya dihasilkan dari dua tipe mesin yang berbeda, yait...

selengkapnya
https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Tips_Pintar_Memilih_Jaket_Riding.png

Tips Pintar Memilih Jaket Riding

Jaket merupakan salah satu perlengkapan safety riding yang posisinya hampir sama dengan helm dan aksesoris keselamatan lainnya. Selain menahan sergapan angin selama berkendara, jak...

selengkapnya