Tips & Trik

Ketahui Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

PUBLISHED DATE : 26 Desember 2021

10803090 S

Lebih jelasnya, pelatuk katup ini terletak dalam sebuah shaft pada bagian penggalan kepala silinder. Shaft adalah bagian penghubung antara camshaft dengan katup. Melihat posisi komponen ini sebagai penghubung, maka fungsi pelatuk katup memang sangat vital.

Sebetulnya, komponen ini tidak dimiliki oleh semua jenis mobil. Beberapa jenis mobil yang paling mudah ditemui komponen pelatuk katupnya adalah mobil dengan jenis mesin OHV dan OHC.

Kedua mesin tersebut memanfaatkan keberadaan pelatuk katup untuk membuka celah katup buang dan hisap. 

Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

103222181_s

Mesin OHV dan OHC menerapkan sistem valve train dalam penggunaannya. Inilah mengapa pelatuk katup diperlukan untuk dipasang pada bagian kepala silinder agar dapat difungsikan dengan maksimal. Berikut dibawah ini adalah berbagai fungsi rocker arm di mesin mobil.

Pelatuk Katup Mampu Menyetel Celah Katup

Berdasarkan letaknya, dapat diketahui bahwa fungsi rocker arm sangat beragam. Beberapa fungsinya dinilai sangat penting dalam melakukan langkah kerja pada mesin mobil. Hal tersebut karena fungsi utamanya adalah mampu menyetel celah katup.

Baca Juga : Isi Bensin? Jangan Lupa Perhatikan Juga Kompresi Mesin!

Bagian shaft dengan katup merupakan sebuah celah yang perlu adanya kendali pada titik tersebut. Pengendalian ini perlu dilakukan otomatis karena tidak semua kegiatan mesin dapat dikendalikan melalui sistem kemudi. 

Pengguna akan tetap nyaman karena adanya pelatuk katup yang dapat menyetel celah katup dengan maksimal. Komponen ini akan menyesuaikan dengan nilai spesifikasi yang diperlukan jika klep pada mesin mobil masih belum disetting dengan baik.

Ujung katup pada templar akan menyesuaikan bukaan katup yang terjadi. Hal ini bertujuan agar bukaan dapat terbentuk dengan sempurna, tidak terlalu besar maupun kecil, sehingga fungsi penghisapan dapat berjalan lancar.

Pelatuk Katup Berperan Membuka Tutup Katup Buang

Mobil dengan mesin OHV dan OHC memiliki komponen yang disebut dengan exhaust valve. Komponen ini akan bekerja dengan maksimal sesuai dengan kondisi pelatuk katup. 

Pelatuk katup akan membantu terbukanya exhaust valve untuk mengeluarkan hasil pembakaran dari mesin mobil.

Cara kerjanya cukup sederhana. Exhaust valve akan terbuka jika pelatuk katup telah menekannya. Setelah katup buang terbuka, hasil pembakaran dari mesin akan disalurkan menuju komponen lain yang disebut exhaust manifold. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya