Tips & Trik

Tidak Hanya Melumasi, Ini Sebenarnya Fungsi Penting Oli Mesin

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Oli_Ecstar.jpg

Oli mesin memang salah satu komponen kendaraan yang sudah sangat umum. Komponen ini sangat umum karena setiap kendaraan bermotor memanfaatkan oli mesin untuk kinerjanya. Namun, tidak sedikit pula yang belum mengetahui dengan detail apa saja fungsi oli mesin ini.

Oli mesin adalah salah satu dari sekian jenis fluida yang digunakan untuk membantu mesin melakukan langkah kerjanya.

Inilah mengapa, kendaraan bermotor tidak bisa lepas dari oli mesin. Rincian lebih mendetail terkait oli ini beserta fungsinya dapat Anda simak dalam ulasan berikut.

Mengenal Fungsi Oli Mesin

Baca Juga : Apa itu Airbag pada Mobil? Ini Fungsi dan Cara Kerjanya

Pelumas Komponen Mesin

Fungsi oli yang sangat umum dan paling banyak juga diketahui adalah sebagai pelumas. Hal ini sering kali diperlihatkan di iklan penjualan oli mesin, sehingga fungsi ini sangat akrab di benak masyarakat. 

Memang betul, oli mesin berguna sebagai pelumas. Lebih jelasnya, oli ini membantu melumasi komponen dan setiap partikelnya dalam mesin. Kinerja tiap komponen dalam mesin perlu dibuat lebih enteng agar langkah kerja yang dihasilkan lebih maksimal. 

Baca Juga : Belajar Motor Lebih Baik Pakai Motor Gigi daripada Matik, Benarkah?

Selain itu, semakin enteng gerak yang timbul maka semakin cepat pula langkah kerja yang dilakukan oleh mesin. Ini merupakan suatu bentuk perbandingan lurus antara kondisi mesin dengan hasil kerjanya. Anda perlu memberi oli terbaik untuk mesin agar fungsinya sebagai pelumas dapat berjalan dengan maksimal

Perekat Komponen Mesin

Mesin adalah suatu jenis komponen yang dirancang khusus untuk menggerakkan semua komponen pada kendaraan. 

Baca Juga : Ketahui Ini Fungsi Rocker Arm di Mesin Mobil

Semua komponen yang beroperasi ketika menyala akan diinisiasi terlebih dahulu oleh mesin, sehingga menimbulkan gerakan. Adanya gerakan inilah yang menunjukkan adanya proses langkah kerja.

Mengingat fungsi mesin yang sangat vital, perlu Anda ketahui bahwa mesin terbentuk dari rangkaian komponen yang tersusun rapi di dalamnya. Masing-masing komponen memiliki tugasnya tersendiri. Tugas antara satu dan yang lainnya saling bertanggung jawab, sehingga tiap komponen saling bekerja sama.

Dalam hal ini oli mesin memiliki fungsi yang juga vital. Tiap komponen yang terdapat dalam mesin perlu direkatkan dengan kuat. Hal ini agar kinerja mesin dapat lebih optimal. Selain itu, komponen akan terus saling menempel dalam menyelesaikan langkah kerja.

Fungsi oli mesin sebagai perekat ini akan berperan dalam hal tersebut. Oli ini akan membentuk lapisan di setiap permukaan komponen mesin. Hal ini akan meminimalisir celah yang mungkin timbul akibat renggangnya komponen mesin. Peran oli mesin hadir di sini sebagai perekat.

Pembersih Gram Hasil Pembakaran

Komponen mesin yang kompleks tak lain juga karena mesin menjalankan tugas yang berat. Mesin akan melakukan pembakaran untuk menghasilkan energi pasokan dalam mesin agar kendaraan dapat beroperasi dengan baik.

Sama halnya dengan proses pembakaran pada umumnya, akan selalu terjadi hasil ekskresi yang dikeluarkan oleh mesin. Hasil pembakaran ini perlu dikeluarkan dari dalam mesin agar kondisi di dalamnya tetap bersih. Kinerja ini memanfaatkan peranan oli mesin.

Hasil pembakaran mesin akan mengeluarkan zat buangan berupa gram hasil bakar. Gram ini perlu dikeluarkan dari dalam mesin agar mesin tetap bersih. Keluarnya gram bakar dari dalam mesin ini diangkut oleh oli yang melakukan sirkulasi dalam mesin.

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya