Tips & Trik

Polusi Kendaraan, Jangan Hanya Salahkan BBM!

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Polusi-Kendaraan-Jangan-Hanya-Salahkan-BBM.jpg

Pemakaian bahan bakar dengan oktan rendah seperti Pertalite atau Premium, tidak serta merta langsung menghasilkan gas buang yang buruk karena sebenarnya ada banyak faktor yang bisa mempengaruhi sebuah mobil menghasilkan polusi udara. Salah satu faktor utamanya adalah perawatan kendaraan motor itu sendiri.

Walaupun memakai bahan bakar oktan tinggi seperti 92 kendaraannya tidak rutin servis berkala atau melakukan perawatan, hasilnya tetap saja pembakarannya tidak akan sempurna, akibatnya akan menghasilkan gas buang yang kotor sehingga menjadi polusi. Kita harus tahu bahwa gas buang yang dihasilkan dari sebuah mobil sangat tergantung dari bagaimana perawatannya.

Jika mobil jarang servis berkala, maka secara otomatis gas buang yang keluar dari pipa knalpot lebih buruk jika dibandingkan dengan gas buang yang keluar dari pipa knalpot mobil yang rutin melakukan servis berkala. Faktor utama dalam menekan polusi udara pada mobil adalah pada proses pembakarannya. Makin sempurna pembakarannya, maka bisa dipastikan gas buang yang dihasilkan akan lebih minim kandungan karbon yang bisa menyebabkan polusi udara.

Baca Juga : Intip Ini Perbedaan Injector dan Carbon Cleaner

Proses pembakaran ada tiga, yaitu bahan bakar, lalu udara, dan percikan api busi. Jika hanya fokus pada BBM, namun filter udaranya kotor karena tidak pernah dirawat, maka bisa dipastikan suplai udara yang dibutuhkan akan tersendat dan hasilnya proses pembakaran tidak sempurna, atau mungkin juga busi yang sudah lemah..

Setelah menyimak penjelasan maka bisa disimpulkan bahwa selain memilih bahan bakar yang terbaik untuk kendaraan kita, servis berkala juga sangat penting agar kendaraan kita tidak menjadi penyumbang polusi udara. Karena itulah, lakukan servis berkala pada kendaraan Suzuki Anda di bengkel resmi Suzuki. Selain bisa meminimalisir kandungan karbon yang bisa menyebabkan polusi udara, kendaraan Anda juga akan selalu kondisi prima dan siap diajak beraktivitas sehari-hari.

Untuk informasi lebih lanjut tentang layanan bengkel resmi Suzuki terdekat, silakan klik link ini atau telepon Halo Suzuki di 0800 1100 800 (bebas pulsa).

Baca Juga : Smart SIM : Apa Yang Perlu Kita Ketahui

Berita Lainnya