Tips & Trik

Cara Menghemat Bensin Motor Saat Keadaan Darurat

PUBLISHED DATE : 09 Desember 2021

Naik Motor Seperti Ini Dijamin Makin Hemat Bensin

Peranan pelumas pada kendaraan sangat penting demi menjaga kinerja mesin. Performa motor akan menurun ketika Anda menggunakan oli berkualitas buruk apalagi oli bekas. 

Tanpa oli yang berkualitas kinerja tarikan motor jauh lebih berat yang sudah pasti membuat bahan bakar semakin boros. Padahal Anda hanya perlu mengganti oli setiap 2.000 km hingga 3.000 km. 

Selalu menggunakan oli berkualitas juga jadi cara menghemat bensin motor. Pastikan Anda menggunakan jenis oli sesuai anjuran dari bengkel resmi motor. 

  • Selalu Gunakan BBM Oktan Tinggi 

Selain oli, bahan bakar yang digunakan juga berpengaruh sangat besar. Bahan bakar yang bagus memiliki oktan tinggi minimal adalah 92. Sedangkan bahan bakar oktan tinggi dijual dengan lebih mahal. 

Banyak yang mengira bahwa bbm oktan tinggi mahal kemudian beralih ke oktan rendah yang lebih murah. Padahal bbm oktan tinggi ini justru jauh lebih irit ketika digunakan daripada oktan rendah. 

Tinggal apakah Anda ingin memilih bbm oktan rendah tapi boros atau oktan tinggi yang sedikit lebih mahal tapi irit. Selain dapat menghemat kantong, bbm oktan tinggi juga bagus untuk mesin karena sisa pembakarannya minim. 

  • Mengetahui Spesifikasi Kendaraan

Baca Juga : Harus Rajin, Ini Penyebab Oli Motor Cepat Habis

Para produsen motor menciptakan produknya dengan spesifikasi berbeda. Anda sebagai pengguna yang ingin mendapatkan motor irit bbm harus tahu spesifikasi ini. Ada beberapa kendaraan yang memang dirancang untuk irit. 

Anda cukup mengenali berapa konsumsi bahan bakar per liter untuk menjangkau jarak dan kecepatan tertentu. Mengetahui hal ini memudahkan untuk mengubah cara berkendara sesuai dengan anjuran tersebut. 

Biasanya kemampuan ini juga berdasarkan rancangan mesin. Contohnya saja Suzuki yang menerapkan prinsip Light Efficient and Powerful (LEaP). Prinsip ini menciptakan aliran udara dan gas bbm agar lebih efisien. 

Begitu juga dengan desain motor yang lebih ringan sehingga berkuranglah hambatan mekanis atau gesekan antar komponen. 

Demikian cara menghemat bensin motor yang bisa Anda ikuti dan tidak sulit untuk dilakukan. 

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya