Tips & Trik

Cara Menghemat Bensin Motor Saat Keadaan Darurat

PUBLISHED DATE : 09 Desember 2021

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Naik_Motor_Seperti_ini_Dijamin_Makin_Hemat_Bensin.jpg

Merasa boros ketika berkendara? Biasanya hal ini dirasakan Anda yang tinggal di kota besar dengan tingkat kemacetan tinggi. Boros bahan bakar artinya pengeluaran bulanan pun meningkat. 

Bagaimana cara menghemat bensin motor walaupun Anda menggunakannya setiap hari? Anda yang mungkin sedang pusing untuk berhemat bisa intip cara-cara efektifnya. 

10 Cara Menghemat Bensin Motor Paling Efektif 

Baca Juga : Tips dan Trik Mengendarai Motor Kopling dengan Baik dan Benar

Bahan bakar adalah kunci utama agar motor dapat beroperasi. Tanpanya, tenaga tidak akan dihasilkan. Demi menghemat bahan bakar beberapa kendaraan bahkan disetel secara khusus. 

Sayangnya kendaraan yang disetel tersebut tidak dapat berlari kencang. Supaya Anda tetap nyaman berkendara tanpa khawatir kantong jebol, beberapa cara menghemat bensin motor berikut patut dipraktekkan. 

  • Memperbaiki Cara Berkendara 

Apakah cara berkendara Anda selama ini sudah benar? Cara berkendara ugal-ugalan bisa jadi pemicu motor jadi lebih boros. Misalnya saja Anda sering mengerem mendadak atau menarik gas berlebihan. 

Baca Juga : Tidak Sama, Begini Cara Merawat Motor Sport yang Benar

Padahal berkendara yang benar hanya perlu membuka gas perlahan dan kecepatan dijaga agar tetap konstan. Anda hanya perlu mengerem ketika diperlukan seperti dalam keadaan darurat, tujuannya agar suplai bensin lebih irit. 

Stabil dalam berkendara adalah cara tepat untuk menghemat bahan bakar. Hal ini perlu dipelajari bagi Anda yang tinggal di daerah macet. Berkendara dengan stabill juga menjaga keamanan saat berlalu lintas. 

  • Hindari Memanaskan Motor Terlalu Lama 

Kegiatan memanaskan motor diperlukan untuk menjaga mesin tetap bekerja, khususnya jika jarang digunakan. Biasanya memanaskan motor dilakukan pagi hari sebelum berangkat kerja. 

Baca Juga : Tips Aman Berkendara Motor Sambil Ngevlog

Hanya saja memanaskan motor tidak perlu dilakukan dalam waktu lama bahkan sampai 15 atau 30 menit. Anda hanya perlu memanaskan motor maksimal 5 menit saja.

Terlalu lama memanaskan hanya akan membuang bahan bakar sia-sia. Selain itu juga kurang baik terhadap lingkungan. Cara menghemat bensin motor ini tentu saja tak sulit dilakukan. 

  • Rutin Membersihkan Filter Udara 

Filter udara turut menjadi pengaruh besar borosnya bbm. Fungsi komponen ini adalah menjaga supaya udara yang masuk ke ruang bakar dalam kondisi bersih. tersumbatnya filter karena kotoran mempengaruhi suplai udara. 

Kurangnya suplai udara akan membuat bahan bakar terbuang sia-sia dan motor jadi lebih boros. Padahal Anda hanya perlu rutin membersihkan filter udara bahkan menggantinya jika sudah tidak layak pakai. 

Filter udara sebaiknya dibersihkan setiap motor mencapai 2.000 km, sedangkan penggantiannya adalah 8.000 km hingga 10.000 km. Penggantian bisa jauh lebih cepat tergantung dengan kondisi jalan yang dilalui harian.

47985009_s

  • Merawat Busi dengan Baik 

Membersihkan filter udara dapat dilakukan pada saat servis motor, hal yang sama juga perlu dilakukan pada busi. Fungsi busi adalah menciptakan percikan api yang memicu terjadinya pembakaran. 

Perawatan busi dari dibersihkan dan diganti sangat penting. Kondisi busi yang kotor akan membuat pembakaran bbm semakin boros. Jika busi sudah rusak, motor juga tidak dapat tidak bisa menyala. 

Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya