Tips & Trik

Ini Dia Cara Tambal Ban Tubeless Yang Efektif

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

https://d2fgf7u961ce77.cloudfront.net/uploads/news/Suzuki_Address.jpg

Saat ini ada banyak sekali kendaraan yang menggunakan jenis ban tubeless. Namun demikian, tentu saja jenis ban tersebut tetap bisa bocor sebagaimana ban biasa. Sayangnya, cara tambah ban tubeless ini berbeda dengan cara menambal ban pada umumnya.

Dalam hal ini, sebenarnya ada beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menambal jenis ban tersebut.  Namun bagaimana cara untuk menambal ban tubeless yang efektif? Berikut ulasannya.

Cara Tambal Ban Tubeless Yang Efektif

cara_tambal_ban_tubeless

Baca Juga : Syarat, Cara dan Biaya Mutasi Motor Tanpa Calo

Tambal Ban Tubeless dengan String

Tambal ban dengan cara string merupakan cara paling umum dan simpel. Namun, cara ini berisiko membuat ban menjadi rusak.

Tambal ban string dapat dilakukan dengan tire repair kit, yaitu salah satu alat yang bisa digunakan untuk menambal ban sendiri.

Baca Juga : Ini Penyebab Mesin Motor Cepat Panas dan Bau Sangit

Satu set tire repair kit sendiri biasanya terdiri dari beberapa alat yaitu lem tambal, alat pelubang, pengait, tambal, dan amplas. Satu set alat ini bisa didapatkan dengan harga yang beragam sesuai dengan merek, kualitas, dan jumlah alatnya.

Setelah Anda mendapatkan tire repair kit, Anda bisa menggunakannya untuk berjaga-jaga saat melakukan perjalanan.

Biasanya, cara menggunakan alat ini sudah dicantumkan pada kemasannya. Penggunaannya pun cukup mudah. Anda bisa mengikuti langkah-langkahnya berikut ini.

  • Menemukan Penyebab Ban Bocor

Baca Juga : Bisa di Rumah, Ini Cara menghitamkan Dek Motor

Hal pertama yang harus Anda lakukan untuk melakukan tambal ban adalah menemukan penyebab ban bocor. Jika ban tubeless bocor diakibatkan tertancap benda tajam seperti paku, maka Anda harus melepaskan paku tersebut dengan alat pencabut pada set tire repair kit ini.

  • Melubangi Titik yang Bocor

Setelah mengetahui penyebab ban bocor, selanjutnya Anda harus membuat lubang pada area ban tubeless yang terkena paku. Alat yang digunakan untuk melubangi ban tubeless bekerja seperti mur.

  • Tambal Menggunakan Karet

Apabila lubang pada ban tubeless sudah cukup longgar, langkah selanjutnya Anda bisa menambalnya menggunakan karet khusus untuk menambal ban yang sudah tersedia.

Sebelum itu, lumuri setengah bagian karet dengan menggunakan lem untuk menambal kebocoran pada ban tubeless Anda. Lalu, masukkan karet tersebut hingga setengah inci menggunakan pengait. Anda harus memastikan bahwa karet tidak keseluruhan masuk ke dalam ban.

Setelah itu, tunggu hingga karet tambal mengering kurang lebih sepuluh menit. Selanjutnya, Anda bisa menggunting bagian karet yang tersisa.

Menambal Ban Tubeless dengan Metode Tip Top

Cara tambal ban tubeless dengan menusuk ban dapat merusak konstruksinya jika tidak dilakukan dengan tepat. Meskipun cara tersebut dianggap lebih mudah dan simpel. Selain menggunakan alat set tire repair kit, tambal ban tubeless juga bisa dilakukan dengan metode tip top.

Metode ini dianggap lebih aman dibanding dengan cara sebelumnya. Namun, secara pengerjaan mungkin membutuhkan waktu yang lebih lama.

Secara sederhana, metode tip top dilakukan dengan membuka pelek ban dan menambalnya dari bagian dalam ban, bukan ditusuk dari luar. Lalu, bagaimana cara melakukan tambal ban tubeless ini dengan aman? Berikut urutan langkah-langkahnya.

  • Pisahkan Ban dengan Peleknya
Halaman 1 2 3 Tampilkan Semua

Berita Lainnya