Tips & Trik

Ini Dia Cara Tambal Ban Tubeless Yang Efektif

PUBLISHED DATE : 28 Desember 2020

Suzuki Address

    2. Memasukkan Cairan

Setelah itu, Anda tinggal memasukkan cairan melalui lubang pengisian angin. Apabila cairan sudah dimasukkan maka proses sudah selesai.

Proses tambal ban menggunakan cairan anti bocor ini memang cukup mudah dan tidak ribet. Bahkan Anda bisa mengantisipasi kebocoran ban dengan menggunakan cairan ini.

Cairan anti ban bocor dibuat dengan senyawa khusus yang memungkinkan cairan dapat berubah saat terjadi kebocoran ban. Misalnya, ban mengalami kebocoran akibat terkena paku, maka ketika paku dicabut cairan akan secara otomatis menutupi lubang paku tersebut dan mengatasi kebocoran.

Dengan begitu, Anda tidak perlu mencari atau melakukan tambal ban jika terjadi ban bocor di perjalanan.  Akan tetapi, meskipun dinilai mudah dan praktis, Anda perlu memperhatikan akibat dan bahaya menggunakan cairan ini.

Beberapa hal yang perlu dijadikan pertimbangan sebelum menggunakan cairan anti ban bocor ini diantaranya sebagai berikut.

  • Senyawa yang Digunakan Khusus

Baca Juga : Panduan Mengendarai Motor Berpostur Jangkung

Cairan anti ban bocor dibuat dengan senyawa khusus agar dapat bereaksi saat ban mengalami kebocoran atau munculnya lubang pada ban. Namun, cairan ini ternyata dapat mengikis ban dalam kendaraan karena kandungan unsur korosif di dalamnya.

  • Berisiko Merusak Pelek

Unsur korosif tersebut tidak hanya dapat menyebabkan ban terkikis, namun juga berisiko membuat pelek rusak.  Pada beberapa contoh kasus yang membiarkan cairan anti ban bocor hingga setahun lebih, ketika ban dibuka pelek ban menjadi terkikis dan berkarat.

  • Bisa Membuat Ban Kempes

Selain itu, cairan ini juga bisa membuat ban seakan kempes. Hal ini dikarenakan cairan anti bocor tidak hanya bereaksi pada lubang karena paku, namun juga dapat menutup lubang pengisian angin.

  • Cairan Akan Berubah Bentuk

Saat pertama kali dimasukkan ke dalam ban, ini memang berbentuk cairan. Namun, jika dibiarkan terlalu lama bahan tersebut akan berubah keras dan menjadi serbuk. Tentu hal ini akan mempengaruhi kenyamanan saat Anda berkendara.

Sudah jelas bukan bagaimana saja cara yang bisa diaplikasikan untuk menambah ban tubeless ini? Anda bisa memilih mana cara yang dirasa paling mudah, aman dan efektif.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya