Tips & Trik

Banyak Yang Gak Tau, Ini Fungsi Noken As Motor

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

Noken As

Bagi orang awam, yang tidak mengetahui seluk beluk kendaraan bermotor, nama noken as mungkin masih sangat asing. Tetapi bagi seorang mekanik kendaraan bermotor, nama tersebut merupakan hidangan sehari-hari.

Hal ini karena bagian kendaraan yang satu ini merupakan bagian vital dari sebuah kendaraan bermotor. Noken as sendiri sebenarnya merupakan kata yang diadopsi dari bahasa Belanda. Noken As, orang Belanda menyebutnya.

Sementara dalam bahasa Inggris, komponen ini disebut sebagai camshaft. Lain lagi sebutan yang diberikan oleh orang-orang mekanik. Di dunia otomotif, onderdil ini sering disebut dengan istilah kem.

Benda ini merupakan sparepart kendaraan bermotor roda dua, khususnya untuk jenis motor empat tak. Dengan kata lain, bagian mesin yang satu ini hanya bisa ditemui pada kendaraan roda dua dengan spesifikasi empat tak, dan tidak akan bisa ditemui pada jenis kendaraan 2 tak.

Lalu, apa sebenarnya noken as itu, dan apa fungsinya bagi kendaraan? Apabila kendaraan bermotor diibaratkan dengan tubuh manusia, maka komponen adalah paru-parunya.

Sudah jelas, alat ini sangat penting dan bisa dikatakan memegang kunci hidup dan matinya sebuah kendaraan bermotor. Alat ini terletak pada bagian yang menghubungkan mesin dengan bahan bakar.

Baca Juga : Dinamo starter: Fungsi, Komponen dan Cara Kerjanya

Keberadaannya memang digunakan untuk mengatur pasokan bahan bakar serta udara ke arah ruang bakar. Dengan mengalirnya bahan bakar tersebut, maka akan bisa dihasilkan tenaga atau power, sehingga mesin bisa bekerja.

fungsi_noken_as

Fungsi Noken As

Sebagaimana sudah disebutkan, fungsi  noken as berguna untuk mengatur pasokan bahan bakar ke arah ruang bakar agar bisa dihasilkan tenaga. Dengan demikian, besar kecilnya tenaga yang dihasilkan, sangat tergantung pada alat ini.

Apabila kerja komponen ini optimal, maka tenaga yang dihasilkan juga optimal. Demikian juga sebaliknya. Namun demikian, kerja alat ini juga sangat dipengaruhi oleh cara kerja komponen lainnya.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya