Tips & Trik

Banyak Yang Gak Tau, Ini Fungsi Noken As Motor

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

Noken As

Alat ini merupakan pengatur buka tutup klep yang merupakan jalan masuknya bahan bakar ke arah ruang bakar. Dengan demikian, noken as tidak bisa bekerja sendiri, tetapi saling berhubungan dengan komponen-komponen lainnya.

Cara Kerja Noken As

Pada intinya, cara kerja alat ini adalah dengan cara mengatur dan menggerakkan katup atau klep dengan cara mendorong dengan dua tonjolan yang digerakkan oleh rantai kamrat atau rantai keteng. Pada saat klep mendapat dorongan dari, maka klep in akan terbuka.

Saat itulah bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Kemudian, tonjolan yang lain akan mendorong klep ex. Ketika klep ex terdorong, maka gas sisa pembakaran yang dihasilkan akan dibuang.

Demikian seterusnya, kerja camshaft ini terus berulang. Pada saat klep in terbuka dan bahan bakar masuk keruang bakar, maka tenaga mesin akan bisa dihasilkan. Besar kecilnya tenaga yang dihasilkan, sangat dipengaruhi ketepatan dari durasi buka tutup klep itu sendiri.

Noken as akan bisa bekerja secara optimal, apabila klep membuka tepat pada waktunya, demikian juga pada saat menutupnya. Untuk itu, ketepatan durasi buka tutup klep ini sangat berpengaruh pada hasil tenaga.  Waktu buka tutup klep dapat diatur untuk mendapatkan torsi dan tenaga yang lebih optimal.

Baca Juga : Apa Itu Tensioner? Ini Fungsi dan Jenis-Jenisnya

Apabila menghendaki torsi pada putaran rendah, maka timing atau waktu buka tutup klep bisa dimajukan, Sebaliknya, apabila menginginkan torsi yang lebih besar, maka timing buka tutup klep harus dimundurkan.

Pengaruh Noken As Pada Performa Mesin

Seperti sudah dijelaskan di atas, noken as ini merupakan alat yang sangat berpengaruh pada buka tutup klep untuk masuknya bahan bakar ke arah ruang bakar. Dengan demikian, keberadaan alat ini sangat berpengaruh pada kerja mesin yang dihasilkan.

Sedikit perubahan yang terjadi, akan membawa dampak yang sangat besar. Modifikasi pada alat ini memang bisa dilakukan. Kuncinya terletak pada pemasangan alat ini untuk menghasilkan timing buka tutup seperti yang diinginkan.

Pemasangan klep yang tepat juga turut berpengaruh pada kerja noken as. Sehingga, performa mesin yang optimal dapat dilakukan dengan mengatur kedua alat ini.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya