Tips & Trik

Banyak Yang Gak Tau, Ini Fungsi Noken As Motor

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

Noken As

Bagi anak muda, biasanya akan seringkali melakukan perubahan pada camshaft ini. Baik dengan merubah timing buka tutup klep, maupun dengan merubah posisi pemasangan klep itu sendiri. Tentunya dengan tujuan untuk menghasilkan performa mesin yang optimal sesuai dengan keinginannya.

Penyebab Kerusakan Pada Noken As

Seperti halnya bagian kendaraan yang lainnya, komponen ini juga bisa mengalami kerusakan. Bahkan bisa dikatakan, kerusakan pada alat ini sangat sering terjadi. Dengan ini, tidak jarang harus dilakukan penggantian alat ini dengan yang baru, karena kerusakan sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Seperti diketahui, bagian kendaraan yang satu ini hanya ada pada kendaraan bermotor 4 tak. Pada mesin jenis ini membutuhkan 4 kali tahapan langkah turun naik piston untuk setiap satu  periode pembakaran.

Otomatis, dalam satu periode pembakaran, kruk as harus berputar 2 kali untuk bisa menghasilkan I putaran penuh yang sempurna. Dalam satu putaran tersebut, akan terjadi berbagai tahapan, seperti hisap, kompresi tenaga, dan pembuangan sisa pembakaran yang terjadi.

Melihat fungsi noken as yang demikian bisa dibayangkan, kerja dari noken as ini sangatlah berat dan berjalan secara terus menerus. Akibatnya, alat ini rawan sekali mengalami kerusakan.

Baca Juga : Trik Mendeteksi Kerusakan Shockbreaker Motor

Tips Agar Noken As Bisa Tahan Lama

Mengingat kerja noken as yang cukup berat, maka wajar apabila alat ini sering mengalami kerusakan. Namun demikian, bukan berarti kerusakan yang sering terjadi tidak bisa diatasi atau dicegah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar onderdil yang satu ini bisa lebih lama pemakaiannya.

  • Pemasangan yang Tepat

Memasang alat ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Terlebih pada ketepatan timing buka tutup klepnya. Ini karena hal tersebut sangat berpengaruh pada lancer tidaknya aliran bahan bakar dan juga pembuangan sisa pembakaran yang terjadi.

Tidak semua tenaga mekanik bisa melakukan hal ini dengan sempurna. Maka, untuk mendapatkan performa mesin yang bagus dan tahan lama, ketepatan dan ketelitian dalam pemasangan alat ini harus menjadi perhatian utama.

  • Jangan Merubah Atau Memodifikasi Noken As

Memodifikasi noken as memang bisa menghasilkan performa mesin yang handal. Tetapi harus diingat, memodifikasi alat ini dengan merubah kedudukannya akan berakibat fatal dan bisa mengakibatkan kerusakan pada motor. Mengingat akan hal tersebut, sebaiknya komponen ini tidak dimodifikasi.

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya