Tips & Trik

Banyak Yang Gak Tau, Ini Fungsi Noken As Motor

PUBLISHED DATE : 29 September 2020

Noken As

Noken as adalah salah satu komponen penting motor untuk menentukan hidup matinya motor yang terletak pada bagian penghubung mesin dengan bahan bakar

Memiliki kendaraan bermotor, bukan berarti hanya bisa mengendarai saja. Tetapi  sedikit banyak dituntut untuk mengetahui seluk beluk mesin kendaraan serta bagian-bagiannya. Bukan itu saja, mengetahui cara kerja dari masing-masing bagian mesin juga tidak kalah penting. seperti noken as, misalnya.

Tujuan mengetahui bagian kendaraan bermotor dan fungsinya, diantaranya adalah agar bisa segera mengetahui apabila ada yang tidak beres dengan kendaraan. Dengan begitu, Anda  bisa segera mencari solusinya. Alhasil, apabila terjadi kerusakan bisa segera dapat diatasi.

Apa Itu Noken As?

Bagi orang awam, yang tidak mengetahui seluk beluk kendaraan bermotor, nama noken as mungkin masih sangat asing. Tetapi bagi seorang mekanik kendaraan bermotor, nama tersebut merupakan hidangan sehari-hari.

Hal ini karena bagian kendaraan yang satu ini merupakan bagian vital dari sebuah kendaraan bermotor. Noken as sendiri sebenarnya merupakan kata yang diadopsi dari bahasa Belanda. Noken As, orang Belanda menyebutnya.

Sementara dalam bahasa Inggris, komponen ini disebut sebagai camshaft. Lain lagi sebutan yang diberikan oleh orang-orang mekanik. Di dunia otomotif, onderdil ini sering disebut dengan istilah kem.

Benda ini merupakan sparepart kendaraan bermotor roda dua, khususnya untuk jenis motor empat tak. Dengan kata lain, bagian mesin yang satu ini hanya bisa ditemui pada kendaraan roda dua dengan spesifikasi empat tak, dan tidak akan bisa ditemui pada jenis kendaraan 2 tak.

Baca Juga : Tips Sederhana Membersihkan Busi

Lalu, apa sebenarnya noken as itu, dan apa fungsinya bagi kendaraan? Apabila kendaraan bermotor diibaratkan dengan tubuh manusia, maka komponen adalah paru-parunya.

Sudah jelas, alat ini sangat penting dan bisa dikatakan memegang kunci hidup dan matinya sebuah kendaraan bermotor. Alat ini terletak pada bagian yang menghubungkan mesin dengan bahan bakar.

Keberadaannya memang digunakan untuk mengatur pasokan bahan bakar serta udara ke arah ruang bakar. Dengan mengalirnya bahan bakar tersebut, maka akan bisa dihasilkan tenaga atau power, sehingga mesin bisa bekerja.

fungsi_noken_as

Fungsi Noken As

Sebagaimana sudah disebutkan, fungsi  noken as berguna untuk mengatur pasokan bahan bakar ke arah ruang bakar agar bisa dihasilkan tenaga. Dengan demikian, besar kecilnya tenaga yang dihasilkan, sangat tergantung pada alat ini.

Apabila kerja komponen ini optimal, maka tenaga yang dihasilkan juga optimal. Demikian juga sebaliknya. Namun demikian, kerja alat ini juga sangat dipengaruhi oleh cara kerja komponen lainnya.

Alat ini merupakan pengatur buka tutup klep yang merupakan jalan masuknya bahan bakar ke arah ruang bakar. Dengan demikian, noken as tidak bisa bekerja sendiri, tetapi saling berhubungan dengan komponen-komponen lainnya.

Cara Kerja Noken As

Pada intinya, cara kerja alat ini adalah dengan cara mengatur dan menggerakkan katup atau klep dengan cara mendorong dengan dua tonjolan yang digerakkan oleh rantai kamrat atau rantai keteng. Pada saat klep mendapat dorongan dari, maka klep in akan terbuka.

Saat itulah bahan bakar dan udara masuk ke ruang bakar. Kemudian, tonjolan yang lain akan mendorong klep ex. Ketika klep ex terdorong, maka gas sisa pembakaran yang dihasilkan akan dibuang.

Demikian seterusnya, kerja camshaft ini terus berulang. Pada saat klep in terbuka dan bahan bakar masuk keruang bakar, maka tenaga mesin akan bisa dihasilkan. Besar kecilnya tenaga yang dihasilkan, sangat dipengaruhi ketepatan dari durasi buka tutup klep itu sendiri.

Noken as akan bisa bekerja secara optimal, apabila klep membuka tepat pada waktunya, demikian juga pada saat menutupnya. Untuk itu, ketepatan durasi buka tutup klep ini sangat berpengaruh pada hasil tenaga.  Waktu buka tutup klep dapat diatur untuk mendapatkan torsi dan tenaga yang lebih optimal.

Apabila menghendaki torsi pada putaran rendah, maka timing atau waktu buka tutup klep bisa dimajukan, Sebaliknya, apabila menginginkan torsi yang lebih besar, maka timing buka tutup klep harus dimundurkan.

Pengaruh Noken As Pada Performa Mesin

Seperti sudah dijelaskan di atas, noken as ini merupakan alat yang sangat berpengaruh pada buka tutup klep untuk masuknya bahan bakar ke arah ruang bakar. Dengan demikian, keberadaan alat ini sangat berpengaruh pada kerja mesin yang dihasilkan.

Sedikit perubahan yang terjadi, akan membawa dampak yang sangat besar. Modifikasi pada alat ini memang bisa dilakukan. Kuncinya terletak pada pemasangan alat ini untuk menghasilkan timing buka tutup seperti yang diinginkan.

Pemasangan klep yang tepat juga turut berpengaruh pada kerja noken as. Sehingga, performa mesin yang optimal dapat dilakukan dengan mengatur kedua alat ini.

Bagi anak muda, biasanya akan seringkali melakukan perubahan pada camshaft ini. Baik dengan merubah timing buka tutup klep, maupun dengan merubah posisi pemasangan klep itu sendiri. Tentunya dengan tujuan untuk menghasilkan performa mesin yang optimal sesuai dengan keinginannya.

Penyebab Kerusakan Pada Noken As

Baca Juga : Solenoid Valve Mobil: Fungsi dan Cara Kerjanya

Seperti halnya bagian kendaraan yang lainnya, komponen ini juga bisa mengalami kerusakan. Bahkan bisa dikatakan, kerusakan pada alat ini sangat sering terjadi. Dengan ini, tidak jarang harus dilakukan penggantian alat ini dengan yang baru, karena kerusakan sudah tidak bisa ditoleransi lagi.

Seperti diketahui, bagian kendaraan yang satu ini hanya ada pada kendaraan bermotor 4 tak. Pada mesin jenis ini membutuhkan 4 kali tahapan langkah turun naik piston untuk setiap satu  periode pembakaran.

Otomatis, dalam satu periode pembakaran, kruk as harus berputar 2 kali untuk bisa menghasilkan I putaran penuh yang sempurna. Dalam satu putaran tersebut, akan terjadi berbagai tahapan, seperti hisap, kompresi tenaga, dan pembuangan sisa pembakaran yang terjadi.

Melihat fungsi noken as yang demikian bisa dibayangkan, kerja dari noken as ini sangatlah berat dan berjalan secara terus menerus. Akibatnya, alat ini rawan sekali mengalami kerusakan.

Tips Agar Noken As Bisa Tahan Lama

Mengingat kerja noken as yang cukup berat, maka wajar apabila alat ini sering mengalami kerusakan. Namun demikian, bukan berarti kerusakan yang sering terjadi tidak bisa diatasi atau dicegah. Ada beberapa tips yang bisa dilakukan agar onderdil yang satu ini bisa lebih lama pemakaiannya.

  • Pemasangan yang Tepat

Memasang alat ini membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi. Terlebih pada ketepatan timing buka tutup klepnya. Ini karena hal tersebut sangat berpengaruh pada lancer tidaknya aliran bahan bakar dan juga pembuangan sisa pembakaran yang terjadi.

Tidak semua tenaga mekanik bisa melakukan hal ini dengan sempurna. Maka, untuk mendapatkan performa mesin yang bagus dan tahan lama, ketepatan dan ketelitian dalam pemasangan alat ini harus menjadi perhatian utama.

  • Jangan Merubah Atau Memodifikasi Noken As

Memodifikasi noken as memang bisa menghasilkan performa mesin yang handal. Tetapi harus diingat, memodifikasi alat ini dengan merubah kedudukannya akan berakibat fatal dan bisa mengakibatkan kerusakan pada motor. Mengingat akan hal tersebut, sebaiknya komponen ini tidak dimodifikasi.

Berita Lainnya