Tips & Trik

5 Cara Praktis Mengganti Wiper Mobil

PUBLISHED DATE : 07 Mei 2023

Wiper Mobil

Cara memasangnya adalah dengan memposisikan komponen yang baru ke ujung yang sama seperti saat menarik keluar wiper yang lama. Yaitu dengan memasukkan pengait atau flip penjepit yang terletak di tangkai dengan tangkai besinya. 

Setelah itu, putar dengan lembut, tekan dan dorong frame wiper ke arah atas hingga terdengar bunyi klik. 

 

  • Model tanpa Frame (Frameless) 

 

Cara memasang wiper frameless adalah dengan membuka penutup rumah penyeka kaca dan memasukkan tangkai pengaitnya ke rumah wiper. Kemudian dorong alat pembersih kaca mobil tersebut ke atas hingga terdengar bunyi klik. 

Ini menandakan alat tersebut telah terpasang dengan sempurna dan Anda bisa menutup kembali rumah wiper.

Lakukan hal yang sama ketika akan memasang bagian yang kedua. Jika telah terpasang, terlebih dahulu bersihkan kedua karet wiper dengan menggunakan lap kering baru kemudian turunkan kembali ke kaca depan mobil secara perlahan. 

 

  • Pastikan Wiper Terpasang Sempurna

 

Baca Juga : 7 Cara Mudah Menabung untuk Beli Mobil Baru

Langkah yang terakhir ketika mengganti wiper mobil adalah dengan memastikan bahwa alat pembersih kaca depan mobil tersebut telah benar-benar terpasang dengan sempurna. 

Pastikan bahwa bagian karet wiper tidak terlepas dari tangkainya yang bisa berakibat pada kerusakan di bagian kaca depan mobil. 

Cara memastikannya adalah dengan menggeser-geser bagian karet wiper. Jangan lupa untuk membersihkan bagian kaca depan mobil sebelum menurunkan wiper

Tips Merawat Wiper agar Lebih Awet

Ketika wiper digunakan secara terus menerus tanpa ada perawatan yang memadai bisa membuat Anda harus sering menggantinya karena kinerjanya telah tidak maksimal. 

Untuk mengatasi hal tersebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan dalam merawat dan mengganti wiper mobil, diantaranya adalah: 

  • Lakukan pengecekan di bagian karet wiper secara berkala. 
  • Hindari memarkir mobil di tempat yang terlalu terik. 
  • Berikan pelumas di bagian poros wiper secara berkala agar tidak cepat aus dan putarannya tetap stabil (tidak lambat).

Kesimpulan

Itulah kelima cara yang bisa dilakukan saat akan mengganti dan merawat wiper mobil. Asalkan dilakukan dengan hati-hati, Anda bisa melakukan penggantian tanpa harus membawanya ke bengkel. 

Namun jika takut salah beli atau salah pasang, sebaiknya konsultasikan dengan teknisi terpercaya atau walk in langsung ke dealer Suzuki untuk service di bengkel resminya. 

Bisa juga dengan cara menghubungi hallo Suzuki atau Anda dapat mengisi form booking service untuk mengganti wiper mobil melalui website resmi Suzuki

Halaman 1 2 3 4 Tampilkan Semua

Berita Lainnya

Perawatan Cvt

Tips Perawatan CVT yang Benar

Perawatan CVT diperlukan secara berkala jika menginginkan motor matic yang awet dengan kinerja optimal. CVT atau (Continuously Variable Transmission) adalah komponen yang penting d...

selengkapnya